PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS X SEMESTER I SMK NEGERI 1 BENDO KECAMATAN BENDO KABUPATEN MAGETAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Suprihatin Suprihatin

Abstract


Pengajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah bertujuan agar siswa dapat memperoleh kemampuan berfikir logis dan kritis. Melalui pengajaran pendidikan kewarganegaraan, siswa mampu mengembangkan kemampuan untuk berfikir secara logis dan memiliki keterampilan berfikir kritis dalam kehidupan sehari – hari. Pembelajaran dengan media pengajaran dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered. Guru mampu menguasai dan terampil dalam melatih keterampilan proses yang digunakan dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan media pengajaran dapat meningkatkan proporsi jawaban benar siswa serta sebagian tujuan pembelajaran khusus yang dirumuskan tuntas.
Menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan memungkinkan siswa untuk belajar sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya, sehingga berpengaruh positif terhadap aktivitas belajarnya dikelas.
Respon siswa terhadap komponen Kegiatan Belajar Mengajar yaitu berminat mengikuti pembelajaran berikutnya jika digunakan media pengajaran. Hasil belajar siswa yang diajar pembelajaran dengan media pengajaran lebih baik dari pada siswa yang diajar tidak menggunakan media pengajaran.
Keberhasilan penyampaian pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sangat tergantung kreatifitas guru bagaimana guru mendesain strategi pembelajarannya, bukan pada teori – teori yang ada dalam karya tulis ini.


Keywords


Media Pengajaran; Prestasi Belajar PKn

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1420 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v3i2.1259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.