PENGARUH METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN PKN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMPN 6 SATU ATAP NGRAYUN KECAMATAN NGRAYUN KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nurhadji Nugraha, Wawan Kokotiasa, Katminiatin Qomariah

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick dalam pembelajran PKn terhadap pendidikan karakter siswa kelas VIII SMPN 6 Satu Atap Ngrayun Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengandesain One Groupposttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive dengan metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik dengan rumus korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara metode talking stick dalam pembelajaran PKn terhadap pendidikan karakter siswa kelas VIII Semester Gasal SMP N 6 Satu Atap Ngrayun Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan jika dilihat dari hasil penghitungan koefisien korelasi r2 = 0,982,. Hal tersebut menunjukkan hubungan yang kuat antara pembelajaran PKn dengan metode talking stick naik dan pendidikan karakter pada siswa.
Hasil analisis data berdasarkan penghitungan dengan menggunakan persamaan regresi ditemukan harga a = 7,73 dan harga b = 1,18, persamaan regresinya yaitu Ŷ = 7,73 + 1,18 X. . Hasil dari koefisien b menunjukkan angka positif, berarti apabila nilai atau harga X pada variabel pembelajaran PKn dengan metode talking stick naik, maka pendidikan karakter juga akan naik.


Keywords


talking stick; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 678 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v3i2.1257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.