PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP MINAT UNTUK BERPRESTASI SISWAKELAS VIII MTsN SIDOREJO KABUPATENMADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar di luar sekolah terhadap minat untuk berprestasi siswa kelas VIII MTsN Sidorejo Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini sebanyak 113 siswa. Sampelnya diperoleh kelompok siswa yang hanya mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah yaitu sebanyak 28 siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji hipotesis menggunakan regresi sederhana untuk menguji angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan belajar di luar sekolah terhadap minat untuk berprestasi siswa kelas VIII MTsN Sidorejo Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2014/2015.Dari Ftabel dengan db pembilang = 1 dan db penyebut = N-2 = 28-2 = 26. Pada taraf α = 5% didapat Ftabel(1,26) = 4,22. Karena Fhit>Ftabel(1,26; 5%) yaitu 8,96 > 4,22, dapat disimpulkan bahwa koefisien arah persamaan regresi cukup berarti pada taraf α = 5%. Hasil uji regresi linier sederhana dan uji F yang menghasilkan F hitung > F tabel yaitu F hitung (8,958) > F tabel (4,22), maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan variable bimbingan belajar di luar sekolah berpengaruh terhadap minat untuk berprestasi siswa kelas VIII MTsN Sidorejo Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2014/2015.
Keywords
Bimbingan Belajar; Minat untuk Berprestasi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 864 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v3i2.1253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
citizenship indexed by:
View My Stats
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.