Pengaruh penggunaan media berbasis video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di masa pandemi

Zulfa Miftahul Azizah, Budiyono Budiyono, Indriyana Dwi Mustikarini, Yohanes Widyastanto, Teja Insyaf Sukariyadi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SMP IT Subulul Huda kembangsawit Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran dimasa pandemic covid-19 saat ini guru menggunakan media video pembelajaran agar lebih memudahkan siswa memahami materi ditengah keterbatasan yang ada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Subulul Huda yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas VII A dan 20 siswa kelas VII B. penentuan pengambilan smpel dalam penelitian ini menggunakan Teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner yang diberikan kepada siswa. Serta Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VII SMP IT Subulul Huda Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VII SMP IT Subulul Huda Kabupaten Madiun. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji coba ฮฑ = 5% ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” (8,911) ๏€พ ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ (1,686).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 215 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v9i2.12027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


ย ย ย 


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.