ENSHI (Ensiklopedia Sistem Hukum Adat Indonesia) sebagai media literasi budaya pada pembelajaran PKn

Tarekh Febriana Putra, Tasya Mutiara Budianto, Sarah Raudlatul Aulia, Dwi Gita Cahyanurani, Rizal Maulana Yusuf, Sri Wahyuni Tanshzil

Abstract


Artikel ini menguraikan peran ENSHI (Ensiklopedia Sistem Hukum Adat Indonesia) yang disajikan dalam bentuk website sebagai media pembelajaran dan uraian hasil penelitian terhadap pengukuran uji kelayakan ENSHI sebagai media literasi budaya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun pengukuran kelayakannya meliputi pengukuran kelayakan dalam sudut pandang konten materi dan sudut pandang media. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) dengan pengolahan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui pengisian kuesioner instrumen penelitian oleh sampel penelitian, yaitu ahli materi hukum adat dan ahli media pembelajaran yang dipilih melalui metode purposive sampling. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu sebagai berikut. Pertama, membuat ENSHI sebagai media pembelajaran. Kedua, mengukur kelayakan materi dan kelayakan media ENSHI sebagai media pembelajaran yang meliputi kelayakan materi dan kelayakan media. Adapun skor hasil pengukuran terhadap kelayakan materi yaitu 94,15%, sedangkan kelayakan media yaitu 79,85%. Hasil pengukuran tersebut kemudian dianalisa secara deskriptif untuk mendapatkan kesimpulan penelitian.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 559 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v9i2.12025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.