PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PMR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMKN 1 GENENG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rochman Mahfurianto

Abstract


Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti PMR mempunyai kelebihan dalamketerampilan sosial seperti kecakapan bergaul atau berkomunikasi dengan lingkungan sosial dan mempunyai jiwa kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh ekstrakurikuler PMR dan kedisiplinan terhadap keterampilan sosial siswa SMKN 1 Geneng. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Geneng, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Waktu yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu selama 6 bulan dari Februari sampai dengan Juli 2015.Metode dalam penlitian ini menggunakan metode deskriptif.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Pada penelitian ini, variabel independen (X1) adalah ekstrkurikuler PMR dan (X2) adalah kedisiplinan serta variabel dependen (Y)adalah keterampilan sosial. Populasinya adalah seluruh siswa anggota PMR berjumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ektrakurikuler PMR dan kedisiplinan mempunyai pengaruh tehadap keterampilan sosial siswa SMKN 1 Geneng. Hal ini menunjukan bahwa dengan kegiatan ekstrakurikuler PMR dan kedisiplinan yang baik dapat meningkatkan keterampilan sosial.

Keywords


Ekstrakurikuler; Kedisiplinan; Keterampilan Sosial

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 339 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v4i1.1097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.