PERANAN POSYANDU LANSIA DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KERTOSARI, KECAMATAN BABADAN, KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2015

Mey Yustinasari

Abstract


Posyandu lansia berperan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya para lansia sehingga lansia memiliki jiwa yang sehat dan sejahtera. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesehatan lansia, pelaksanaan dan peranan Posyandu Lansia di Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo selama empat bulan, yaitu pada Maret sampai dengan Juni 2015.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan lansia di Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo ada yang sadar kesehatan dan ada yang tidak sehingga lansia yang tidak sadar kesehatan banyak mengalami masalah kesehatan. Para lansia tersebut rutin mendatangi Posyandu Lansia yang diadakan setiap satu bulan sekali pada Rabu minggu pertama mulai pukul 07:00 WIB. Di sini, para lansia tidak hanya dapat memeriksakan kesehatan tetapi juga menghibur diri karena Posyandu Lansia berperan sebagai pelayanan kesehatan, tempat konseling, dan tempat bersilaturahmi.

Keywords


Kesehatan; Posyandu; Lansia

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 195 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v4i1.1094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.