Persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di Universitas Tidar

N Novitasari, Sukron Mazid, Achmad Busrotun Nufus, Y Yasnanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penilaian teman sejawat secara daring pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Tidar. Persepsi mahasiswa dibatasi pada lima aspek, antara lain: urgensi, efektivitas, keterbacaan, keterpahaman dan efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi data pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Tidar yang sedang menempuh matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang kemudian prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi terpilih menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner secara daring dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah Model Miles & Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap penilaian sejawat secara daring pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.


Full Text:

PDF

References


Kamil, Irfan. (2020). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all, diakses pada 27 Mei 2021.

Martini, dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Hartimo Media Pustaka.

Natasia, Carol dan Durinta Puspasari. (2020). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8(1), 169-179. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8238/3914

Noorcahya, Ary Aries. (2020). Penilaian Sikap dan Karakter Sulit Diterapkan saat BDR. https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/11/14/penilaian-sikap-dan-karakter-sulit-diterapkan-saat-bdr/

Syahrul. (2015). Analisis Konsistensi dan Validitas Asesmen Teman Sejawat oleh Mahasiswa dan Asesmen Unjuk Kerja oleh Dosen dalam Pembelajaran Praktikum pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 2(1), 73-87. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/download/2582/132

Turrahma, Annisa, dkk. (2017). Pemanfaatan e-learing Berbasis LCMS Moodle dalam Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas serta Kualitas Media Pembelajaran Siswa di MAN Sakatiga. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Vol. 6(3), 327-332.

Wijayanti, Anita. (2017). Efektivitas SelfAssessment dan Peer Assessment dalam Pembentukan Karakter Siswa. Realita, Vol. 15(2), 1-14. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/viewFile/482/311


Article Metrics

Abstract has been read : 269 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/citizenship.v9i1.10001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

citizenship indexed by:


   


View My Stats


Creative Commons License
Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.