PERAN BRAND AWARENESS DALAM MEMEDIASI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Agus Purnomo Sidi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel digital marketing, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan brand awareness sebagai variable intervening pada toko online. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli yang sudah melakukan pembayaran sebanyak 130 pembeli dengan metode pembayaran transfer di toko, dengan teknik pengambilan purposive sampling. Besar jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji intrumen data, uji asumsi klasik, uji analisis jalur, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan alat bantu program software microsoft excel dan SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa digital marketing, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan brand awareness sebagai variable intervening pada toko.

Keywords


kualitas produk; keputusan pembelian; brand awareness; digital marketing;

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2004). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama.

Amalia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa | Jurnal Manajemen dan Keuangan. JURNAL MANAJEMEN Dan KEUANGAN, 6(1), 660–669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213

Arifuddin, R. R., Rahman Kadir, A., Kadir, N., & Pratama, M. J. (2019). The Impact of Personal Selling and Digital Marketing on Purchase Decision of Insurance Policy at PT Qbe General Insurance Indonesia, Makassar Branch. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 2(3), 92–108. https://www.neliti.com/publications/286703/

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33. https://doi.org/10.1002/DIR.1020

Diansyah, D., & Nurmalasari, A. I. (2017). PENGARUH PEMASARAN INTERNET DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA. JOURNAL OF BUSINESS STUDIES, 2(1), 84–98. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/view/788

Harjati, L., & Sabu G, L. O. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1).

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. In Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lupiyoadi, R. (2007). Entrepreneurship : From Mindset to Strategy (2nd ed.). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Solihin, W. A., Tewal, B., & Rudy Wenas. (2020). PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE (STUDI PADA MAHASISWA UNSRAT DI MANADO). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27819

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.).

Urban, G. L. (2004). Digital Marketing Strategy (1st ed.).

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KOSMETIK. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/JRMB.V3I1.81


Article Metrics

Abstract has been read : 439 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: