PENGARUH VIRAL MARKETING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM TIKTOK

Ana Rimbasari, Rina Eka Widjayanti, Agniya Thahira

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh viral marketing dan social media marketing terhadap keputusan pembelian pada platform TikTok. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna TikTok. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 160 responden dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear berganda yang dipergunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan viral marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di platform TikTok. (2) Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan social media marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian di platform Tiktok.

Keywords


Viral marketing; social media marketing; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Aprilia, A. D., dan Hidayati, N. 2020. The Effect of Celebrity Endorsers on Purchase Decisions on the Fait Hijab Online Shop on Instagram. 115(Insyma): 230–234.

Awaludin, M. N., dan Sukmono, S. 2020. The Effect of Social Media Marketing and Brand Awarness on Purchase Decisions With Viral Marketing As Intervening Variables on Janji Jiwa Coffee Consumers Among Students Using Social Media Area Jabodeta. AFEBI Management and Business Review, 5(1): 54.

Garcia Reyes, L. E. 2013. Perencanaan Strategi Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan Nimco Clothing Company dalam Mempromosikan Produk Melalui Online Media. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9): 1689–1699.

Hidayati. 2018. Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3): 77–84.

Ilhamsyah, F., Ginting, R., dan Setiawan, A. 2020. Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Milenial pada Provider Smartphone (studi pada pengguna provider simpati). Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1): 1059–1076.

Massie, A. K. 2020. Serta Dapat Mengekspresikan Diri Secara Kreatif.

Mileva dan Fauzi. 2018. Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1): 190–199.

Riani dan Nuriyati. 2020. Pengaruh Influencer Marketing dan Viral Marketing terhadap Pengambilan Keputusan Penggunaan Aplikasi Tiktok. International Journal of Communication, Management and Humanities AID Conference, 1(2): 145–156.

Ristania dan Justianto. 2013. Analisa Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada "Online Shop" S-Nexian Melalui Facebook. Journal of Business Strategy and Execution, 5(2): 131–161.

Setiawan, A. B. 2018. "Revolusi Bisnis Berbasis Platform Sebagai Penggerak Ekonomi Digital Di Indonesia." Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1): 61.

Subarkah. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion dalam Pandangan Islam. Nhk, 151(2): 10–17.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2004. Principle of Marketing. The 10th Edition. New Jersey: pearson

Syafii, M. 2013. Landasan Teori Keputusan Pembelian. Keputusan Pembelian, V(2005), 15–54.


Article Metrics

Abstract has been read : 3657 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v6i2.15304

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: