MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI MALL PELAYANAN PUBLIK

juita juita, Sapar Sapar, Salju Salju

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan masyarakat, dan pengaruh teknologi informasi terhadap kepuasan masyarakat di Mal Layanan Umum Kota Palopo. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah 100 orang yang berkunjung ke Mall Layanan Umum Kota Palopo. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu structural equation modeling (SEM) dengan aplikasi Exel, SPSS dan Smart PLS. nilai signifikansinya adalah 0,092 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat karena nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 atau nilai T statistiknya 4,338 > 1,984. kerjasama pemerintah dengan instansi vertikal, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat karena nilai signifikansi 0,830 > 0,05 atau nilai T statistik 0,125 < 1,984, nilai signifikan 0,092 > 0,05 atau nilai T statistik adalah 1,487 <1,894. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat karena nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 atau nilai T statistiknya 4,338 > 1,984. kerjasama pemerintah dengan instansi vertikal, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat karena nilai signifikansi 0,830 > 0,05 atau nilai T statistik 0,125 < 1,984, nilai signifikan 0,092 > 0,05 atau nilai T statistik adalah 1,487 <1,894. – Teknologi informasi terus dijaga agar ada peningkatan kepuasan masyarakat di mall pelayanan publik Kota Palopo


Keywords


Kepuasan; Kerjasama; Teknologi informasi; Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Abika Akwani, S. (2021). Pengaruh Etos Kerja, Lingkungan Kerja, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai PT.Saba Indomedika Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(4), 1–17. file:///C:/Users/acer/Downloads/PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN/Lingkungan kerja/3973-Article Text-14682-1-10-20210902.pdf

Ahyar, H. dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (K. Abadi (ed.); 1st ed., Issue March). Penerbit Pustaka Ilmu.

annika Juwita, N. H. M. (2020). Pelayanan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Lubuk Baja Kota. Jurnal Emaba, 8(1), 2034–2044.

Dian Gustina, Nafisah Yuliani, Marmis, Asril Basry, F. N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Sekolah Dasar pada Masa New Normal di SD IT Pondok Duta. Ikraith-Abdimas, 4(1), 55–60. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/880

evi Dwi Kurniawan, K. N. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lingkungan Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Jatisari Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 6(2), 66–72.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares, konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program Smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. BP Undip. Semarang.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. TOI. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Hendri Sucipto, Mukson, M. S. (2021). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhadi Setiabudi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 04(03), 797–806.

Hidayati, N. (2020). Influence of Price , Location , and Quality of Services to Customer Satisfaction House Cut Animal ( RPH ) Waylaga Bandar Lampung Pengaruh Harga , Lokasi , dan Kualitas Pelayanan Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Potong Hewan ( RPH ) Waylaga Bandar La. 1(1), 72–80.

Indonesia, A. P. K. S. (2008). Model Kerjasama Antar Daerah. Assosiasi pemerintah kota seluruh Iindonesia.

Juliana, Amelda Pramezwary, Triratnasari Tanzil, S., Angelina, V., & Wibowo Wahyuhadi Putro, W. (2021). Analisis Kualitas Layanan dan Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Mcdonald’s Selama Covid-19. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 275–288. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.191

Krisnandi, H., & Saputra, N. A. (2021). Kompetensi, Komunikasi, Kedisiplinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(1), 15–25. http://journal.unas.ac.id/oikonamia/article/view/1226/996

Meiryani. (2021). Memahami Uji Outer Model (Pengukuran Bagian Luar) Dalam Smart PLS. Binus University | Accounting.

Naibaho, T. (2021). nalisis pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap produktivitas kerja di CV.Himudo. Jurnal Stindo Profesional, 7(3), 1–13.

Nurmin Arianto, A. A., & Muhfany. (2021). Kepuasan Masyarakat Di Tinjau Darikualitas Pelayanan Yang Ada Pada Kantor Desa Citayam. Jurnal Ilmiah Kreatif, 9(1), 5–10.

Penilaian, S., Pada, P., Belajar, H., & Salatiga, N. (2019). Economic Education Analysis Journal. 2(1), 1–15. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31504

Rannika, J., & Nanda, H. M. (2020). Pelayanan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. In Jurnal EMBA (Vol. 8, Issue 1, pp. 710–721).

Rannika, & Juwita, N. H. M. (2020). Pelayanan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Jurnal EMBA, 8(1), 710–721.

Sapar. (2022). pengantar metode penelitian kuantitatif (B. Harsono (ed.); V). unhas press.

Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03

Setiaman, S. (2020). Tutorial analisa parsial model persamaan struktural dengan Sofware SMART - PLS versi 3 (1st ed.). Self Publisihing.

Siti Chodidjah, D. I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan. Teknik Bendungan, 16424(100), 1–12.

Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8

Suryana. (2018). Survei Kepuasan Masyarakat Pada Mal Pelayanan Publik (Mpp) Kota Batam. 8(1), 56–70.

Sutri Sulistiyowati, Joorie M.Ruru, V. Y. L. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Pencatatan Sipil Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 8(117), 30–37.

Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan (Agung Tri Putranto (ed.); Pertama). Widina Bhakti Persada.

Tambunan, J. R., Hamdani, & Tumanggor, A. (2021). Sistem Keamanan Rumah Dengan Menggunakan Rancangan Mikrokontroler. Sintaksis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1–11.

Yusuf, M. (2021). Pengaruh kompensasi non finansial dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Jurnal Manajemen, 13(1), 151–156.


Article Metrics

Abstract has been read : 771 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v6i2.14122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: