STRATEGI BISNIS, MARKETPLACE, IDE BISNIS DAN MENTAL ACCOUNTING

Erni Hernawati, Darlin Aulia

Abstract


Riset ini bertujuan buat menguji pengaruh variabel strategi bisnis dan marketplace terhadap ide bisnis dan dampak moderasi mental accounting pada pengaruh variabel strategi bisnis dan marketplace terhadap ide bisnis. sampel pada riset ini adalah 86 responden yang berada di Jakarta dan terdampak covid- 19. Riset ini memakai model Moderated Regression Analysis (MRA) serta dianalisis menggunakan SPSS Tipe 25. Hasil riset merupakan hipotesis 1 dan 2 diterima yaitu variabel strategi bisnis mempengaruhi ide bisnis dan marketplace mempengaruhi ide bisnis. Tetapi hipotesis 3 serta 4 tidak diterima yaitu mental accounting tidak memoderasi pengaruh strategi bisnis terhadap ide bisnis dan mental accounting tidak memoderasi pengaruh marketplace terhadap ide bisnis

Keywords


Strategi Bisnis; Marketplace; Ide Bisnis; Mental Accounting

Full Text:

PDF

References


Bryan, D., Dinesh Fernando, G., & Tripathy, A. (2013). Bankruptcy risk, productivity and firm strategy. Account. Finance, 12(4), 309–326.

Chen, G. Z., & Keung, E. C. (2019). The impact of business strategy on insider trading profitability. Pacific Basin Finance Journal, 55, 270–282. https://doi.org/10.1016/j.pacfin.2019.04.007

Chishty, N. mujahid. (2017). Southwest Airlines’ successful economistic, cost-leadership strategy examined in light of Paul Lawrence’s renewed Darwinian theory: An analysis. Journal of Global Business Insights, 2(2). https://scholarcommons.usf.edu/globe/vol2/iss2/5/

Dian Agustia,∗ Nur Pratama Abdi Muhammad, and Y. P. (2020). Earnings management, business strategy, and bankruptcy risk: evidence from Indonesia. Heliyon, 6(2). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7005427/

Firmansyah, A., & Roosmawati, A. (2019). Kewirausahaan (Dasar dan Konsep. Buku, September, 15.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92

Klatt, T. (2013). E-Commerce Business Models and Search Engine Dependency. IBusiness, 05(03), 205–208. https://doi.org/10.4236/ib.2013.53b041

Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIV(2), 90–97. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/95/90

Manurung, R. A., & Silalahi, P. R. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 130–141.

MP, A.-H. (2016). Apa Saja Strategi Marketing Garuda Indonesia Tahun Ini? Https://Marketeers.Com/Melihat-Fokus-Strategi-Marketing-Garuda-Indonesia-Pada-Tahun-2016/. https://marketeers.com/melihat-fokus-strategi-marketing-garuda-indonesia-pada-tahun-2016/

Priantinah, D., & Si, M. (2018). Mental Accounting Dalam Proses Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 75–87.

Thaler, R. H. (1999). Mental accounting matters. Choices, Values, and Frames, 206(September 1998), 241–268. https://doi.org/10.1017/CBO9780511803475.015

Wu, P., Gao, L., Gu, T. (2015). Business strategy, market competition and earnings management: evidence from China. Chin. Manag., 9(3), 401–424.

Yunanto, R., & Indonesia, U. K. (2020). PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA TEKNOLOGI Ilmiah Komputer dan PERAN MARKETPLACE SEBAGAI ALTERNATIF BISNIS DI ERA. 6(October).

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476


Article Metrics

Abstract has been read : 828 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v6i1.13704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Capital is indexed by: