PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PLAYFULNESS TERHADAP INTENTION TO USE PENGGUNA APLIKASI TIK TOK DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pengguna aplikasi Tik Tok dan bagaimana serta intensi penggunanya. Pengukuran perilaku yang digunakan adalah persepsi kegunaan (perceived usefulness) dan persepsi kesenangan (perceived playfulness) sebagai varibel yang diduga mempengaruhi intention to use pengguna aplikasi Tik Tok sebagai varibel terikatnya. Penelitian yang dilakukan pada masa pandemi covid 19 ini menggunakan respoden sebanyak 160 orang yang didominasi oleh jenis kelamin wanita, berusia 17-25 tahun serta memiliki pekerjaan sebagai seorang pelajar. Hasil penelitian membuktikan bahwa perceived usefulness dan perceived playfulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use pengguna aplikasi Tik Tok. Simpulan yang didapatkan dari studi ini adalah pengguna aplikasi Tik Tok merasakan manfaat serta mendapatkan perasaan senang dan gembira ketika menggunakannya. Sehingga pengguna aplikasi Tik Tok memiliki niat untuk menggunakan kembali aplikasi tersebut.
Keywords
Social media; Tik tok; Perceived usefulness; Perceived playfulness; Intention to use
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract has been read : 1343 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Capital is indexed by: