Pengembangkan Sumber Daya IPTEK dan Administrasi Akuntansi

Abd Rohman Taufiq

Abstract


Perguruan tinggi sebagai instansi pendidikan yang memiliki peran dalam upaya untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Agar peran tersebut berjalan baik, maka SDM perguruan tinggi harus memiliki kualitas yang unggul. SDM yang dimiliki oleh perguruan tinggi adalah dosen yang merupakan salah satu komponen esensial suatu sistem pendidikan. Hasil pengabdian adalah memberikan pengetahuan dalam Menyusun laporan keuangan dengan maksimal dalam memperoleh hasil yang signifikan

Keywords


Sumber Daya; Ilmu Pengetahuan; Administrasi Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Auliyah, lim Ma’rifatul. 2012. Penerapan Akuntansi berdasarkan SAK ETAP pada UMKM kampung batik Sidoarjo. Artikel ilmiah 1-5.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tangerang Selatan. 2009. Kontribusi UKM dan Usaha Besar Kota Tangerang Selatan tahun 2008. Laporan BPPD Kota Tangerang Selatan deng BPS Kabupaten Tangerang. Tangerang.

Hutagaol. 2012. Penerapan Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Keuangan, Vol 1 No. 2 (Maret) : 57 - 62.

Hermon, P, Adhi dan Elisabet K. Penti. 2012. Penyusunan Laporan Keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus UKM di Salatiga). Universitas Kristen Satya Wacana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Salatiga.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, Per 1 Oktober. Jakarta : Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Kieso Donald E, Jerry J Weygrant dan, Terry D. Warfild. 2007. Akuntansi Intermediate. Edisi Duabelas. Terjemahan Emil Salim. Jakarta : penerbit Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2008. Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia 21 Oktober 2008, [Online] http://www.mudrajad.com/Upload/Tuju20 Tantanga20 UKM20 di20 Tengah20 Krisis20 Global. Pdf Diakses tanggal 5 Juni 2010.

Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia [Online] http://didikurniawan. Si – sektor – riil – dan – UKM/ Diakses tanggal 5 Juni 2010.

Narsa, I Made, Agus Widodo, dan Sigit Kurniantoro. 2012. Mengungkap kesiapan UMKM dalam Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (PSAK ETAP) untuk Meningkatkan Akses Modal Perbankan. Majalah Ekonomi. Tahun XXII, No.3 (Desember) : 204-214.

Pratama, Andry. 2014. Rancangan Penerapan SAK ETAP Pada Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus Pada Konveksi As – Shaqi Pamulung). Jurnal, Universitas Negri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Saptantinah, Dewi. 2010. Perlunya Penerapan Sistem Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Bengkel Aksesoris dan Variasi Goro Profesional di Jalan Bayangkara, Solo). Jurnal Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Solo.


Article Metrics

Abstract has been read : 101 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bppm.v1i1.13091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abd Rohman Taufiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BPPM Stats

Office:
Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : hukum@unipma.ac.id