A Study of Accounting Learning Achievements Using Emotional Intelligence and Learning Behavior

Tiyas Yuniarti, Purweni Widhianningrum, Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


ABSTRACT

The study aims to examine the influence of emotional intelligence and learning behavior towards accounting learning achievements. The population in this study is a student of education accounting study program year 2014. Total samples obtained some 71 students with a purposive sampling technique. The data analysis method used is multiple regression. The results proved that among emotional intelligence and learning behavior, only emotional intelligence had a positive effect on accounting learning achievements. These results indicate that students with good self-resilience can empathize and cooperate with others. This intelligence can support their success in implementing accounting concepts when they enter the workforce and various aspects of life.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi pendidikan tahun 2014. Total sampel diperoleh sejumlah 71 siswa dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasilnya membuktikan bahwa di antara kecerdasan emosi dan perilaku belajar, hanya kecerdasan emosi yang memiliki efek positif pada prestasi belajar akuntansi. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa dengan ketahanan diri yang baik dapat berempati dan bekerja sama dengan orang lain. Kecerdasan ini dapat mendukung keberhasilan mereka dalam menerapkan konsep akuntansi ketika mereka memasuki dunia kerja dan berbagai aspek kehidupan.


Keywords


Emotional intelligence; learning behavior; accounting learning achievements; Kecerdasan emosional; perilaku belajar; prestasi belajar akuntansi

Full Text:

PDF

References


Agustina, & Yanti, D. M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE MIKROSKIL Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(1), 11–20.

Ariani, M. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi dengan Variabel Moderating Kepercayaan Diri. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 8(2), 133–148.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsawan, I. W. E. (2013). Pengaruh Perilaku Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Stress Kuliah Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. SOSHUM: Jurnal Sosial dan Humaniora. 3(1), 55–68.

Aulia, A., & Subowo. (2016). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 346–362.

Baharuddin & Wahyuni, E. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Bumi Aksara.

Eva, L. M., & Kusrini, M. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 245–256.

Goleman, D. (2015). Emotional Intelegence. (T. Hermaya, Trans.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariyoga, S., & Suprianto, E. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 14. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala., 1–29.

Herli, F., Kamaliah, & Silvi, A. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. JOM FEKON, 1(2), 1–15.

Junaid, A., & Wahyuni, N. (2016). Integrasi Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi dan Stress Kuliah. ASSETS: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 6(2), 162–176.

Khodijah. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lismarni. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa D-III Kebidanan Stikes Prima Nusantara Bukittinggi Tahun 2013. Jurnal Kesehatan, 7(1), 6–9.

Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh Motivasi dan Perilaku Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1(1), 17–26.

Mutia, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). . Jurnal WRA, 3(2), 639–654.

Prasetyo, D. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 2(1), 1–15.

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Jurnal Formatif, 6(3), 233–245.

Rimbano, D., & Putri, D. M. S. E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 15, 11–32.

Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNTAG Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.

Sari, I. P., & Sartika, R. (2018). Pengaruh Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. . Menara Ekonomi, IV(2), 39–49.

Sulistyowati, N. W. (2015). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Prestasi Belajar Akuntansi Terhadap Minat Investasi dan Keputusan Investasi Mahasiswa FE Program Studi Akuntansi UNESA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 76–90.

Tjun, L. T., Setiawan, S., & Setiana, S. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat dari Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi, 1(2), 101–118.

Widhianningrum, P. (2017). The Influence of Intelectual Intelligence, Emotional Intelligence and Spriritual Intelligence on Understanding Magnitude of Behavioral Accounting. Jurnal of Accounting and Business Education. 1(2), 191–207.

Winarni, S. (2014). Pengaruh Perhatian Guru, Motivasi Belajar, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal Bioedukatika, 2(1), 42–45.

Wulandari, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. ESENSI: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 37–48.

Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 5(2), 242–251.


Article Metrics

Abstract has been read : 1076 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v9i1.4179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tiyas Yuniarti, Purweni Widhianningrum, Nur Wahyuning Sulistyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter