ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Perkebunan Nusantara X Unit Pabrik Gula Lestari Kertosono)

Ika Yuniawati, Juli Murwani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Pabrik Gula Lestari Kertosono apabila diukur dengan menggunakan balanced scorecard. Dengan adanya balanced scorecard sebagai alat pengukur kinerja dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Penelitian studi kasus ini dilakukan dengan menggunakan data tahun 2010-2012 pada PTPN X unit Pabrik Gula Lestari Kertosono untuk menganalisis prespektif keuangan, proses bisnis internal, dan stakeholder, sedangkan untuk prespektif pembelajaran dan pertumbuhan dilakukan analisis melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Pabrik Gula Lestari. Sampel yang diambil adalah 100 responden untuk karyawan. Kuisioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Indikator dalam penelitian ini terdiri dari ROI, TATO, FATO, Gross Profit Margin, akuisisi Stakeholder, retensi Stakeholder, profitabilitas stakeholder, pencapaian rendemen riil, pencapaian luas lahan tebu petani, pencapaian jumlah tebu giling, pencapaian produksi gula dan tetes, jam berhenti giling, retensi karyawan, produktivitas karyawan, dan kepuasan karyawan. Hasil analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa kinerja Pabrik Gula Lestari secara keseluruhan adalah baik. Pada prespektif keuangan menunjukkan hasil yang cukup baik. Untuk prespektif stakeholder menunjukkan kinerja yang cukup baik. Pada prespektif bisnis internal menunjukkan bahwa tingkat rendemen melampaui target yang ditetapkan. Hasil yang positif juga ditunjukkan oleh prespektif pembelajaran dan pertumbuhan karena tingkat kepuasan karyawannya mencapai tingkat yang cukup memuaskan. Dari data penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan balanced scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh

Keywords


Balanced Scorecard; Pengukuran Kinerja; Pabrik Gula

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Edwin dan Se Tin. 2011. Evaluasi Penerapan Balance Scorecard terhadap Efisiensi Kinerja Karyawan Di Divisi Penjualan PT AUTO 2000. Jurnal Akurat Ilmiah Nomor 06.

Efendi Rizal. 2012. Pengukuran Kinerja Sektor Publik Dengan Menggunakan Balance Scorecard (Studi kasus Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel). Jurnal Ilmiah STIE MDP Vol. 1 No. 2.

Erlinda dan Setio. 2006. Perancangan Balance Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi kasus: PT. MCA). Seminar on application and research in industrial technology, SMART 2006.

Hanuma Soraya. 2010. Analisis Balance Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor). Penelitian Dipublikasikan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Irviana dan Nurkholis. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus pada PT Rajawali I unit PG Krebet Baru). Jurnal publikasi. Diakses tanggal 23 April 2013.

Krismiaji dan Anni. 2011. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Listyani ika. 2006. Analisis Dan Perancangan Alat Pengukur Kinerja Dengan Metode Balance Scorecard Pada Sub Direktorat Property And Facilities Management PT Indosat, Tbk. Penelitian dipublikasikan. Bogor. Institute Pertanian Bogor.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mathius dan Erna. 2011. Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Yang Memadai (Studi Kasus Pada Perusahaan Bio Tech Sarana di Bandung). Jurnal Ilmiah Akuntansi Nomor 05.

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor. Ghalia Indonesia.

Mulyadi. 2009. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel berbasis BALANCE SCORECARD. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Rangkuti Freddy. 2011. SWOT Balance Scorecard (Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja Dan Resiko). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sinaga Pariaman. 2004. Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Koperasi dan UKM. Apa Mungkin?. Infokop Nomor 25 Tahun XX.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto Irwan, dkk. 2004. Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Manajemen (Studi Kasus Pada PT Sari Husada). Jurnal pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. III No. 1 hal 40-50.

Wahyuni Sri. 2011. Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja pada PT. SEMEN BOSOWA MAROS. Penelitian Dipublikasikan. Makasar: Fakultas Ekonomi Universitas Hassanudin Makasar.

Widodo Iman. 2011. Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia). Penelitian dipublikasikan. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Yuwono Sony dkk. 2002. Petunjuk Praktis Penyusunan Balance Scorecard (Menuju Organisasi Yang Berfokus Pada Strategi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zudia Meirdania. 2010. Analisis Penilaian Kinerja Organisasi Dengan Menggunakan Konsep Balance Scorecard pada PT Bank Jateng Semarang. Penelitian dipulikasikan. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.


Article Metrics

Abstract has been read : 4903 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v3i1.1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter