KEMAMPUAN KOMPONEN LABA DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA DEPAN

Silvia Nur Indahyanti, Anggita Langgeng Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai kemampuan prediksi laba, arus kas, dan total akrual secara parsial ataupun secara simultan terhadap laba masa depan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan perbankan. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka didapatkan jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan perbankan. Penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda. Regresi pertama merupakan regresi prediksi laba yang menguji kemampuan laba dalam memprediksi laba masa depan. Regresi kedua merupakan regresi prediksi laba yang menguji kemampuan arus kas dan total akrual dalam memprediksi laba masa depan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba secara parsial maupun simultan mampu memprediksi laba masa depan, arus kas secara parsial maupun simultan mampu memprediksi laba masa depan, dan total takrual secara parsial maupun simultan mampu memprediksi laba masa depan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa informasi akan laba, arus kas operasi, dan total akrual bermanfaat bagi pengguna laporan keuangan untuk memprediksi laba masa depan perusahaan

Keywords


Laba; Arus Kas; Akrual; Laba Masa Depan

Full Text:

PDF

References


Belkoui, Akmed. 2007. Teori Akuntansi. Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Briliane, Lovelinez dan S. Nurwahyuningsih Harahap. 2012. Pengaruh Keandalan Akrual pada Persistensi Laba dan Harga Saham. Jurnal Skripsi Akuntansi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Chan, Konan, Narasimhan Jegadeesh dan Theodore Sougiannis. 2004. The Accrual Effect on Future Earnings. Review of Quantitative Finance and Accounting. 22:97-121.

Dwiati, Agustina R. 2008. Kemampuan Arus Kas, Laba, dan Akrual untuk Memprediksi Arus Kas dan Laba Masa Depan. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Brawijaya.

Elva Nuraina. 2011. Laba, Arus Kas Operasi, dan Akrual sebagai Penentu Laba Operasi Masa Depan. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 2, No. 1.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_____________dan Chariri, Anis. 2007. Teori Akuntansi. Edisi Tiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Hendriksen, S. Eldon. 2000. Teori Akuntansi. Edisi Keempat, Penerbit Erlangga, Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesia. 1999. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Indri Yuliafitri. 2011. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Laba dan Arus Kas Masa Depan pada Perusahaan Go Publik. Jurnal Investasi. Vol.7, No. 1.

Listyiorini, Titiek, Wardjono dan Yustisa. 2013. Keakuratan Model Arus Kas Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung dalam Memprediksi Dividen Masa Depan. Penelitian Ilmiah. Semarang: Universitas Stikubank.

Paulus Riyanto. 2004. Penggunaan Laba dan Komponen Arus Kas untuk Memprediksi Laba dan Arus Kas pada Perusahaan Manufaktur di Pasar Modal Indonesia Periode Tahun 1999-2002. Tesis tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Raharjo, Ginanjar D. 2012. Kemampuan Laba dan Arus Kas Dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Masa Mendatang. Jurnal Akuntansi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Richardson, Scott, Richard G. Sloan, Mark Soliman dan Irem Tuna. 2001. Information in Accruals about the Quality of Earnings. Working Paper.

____________. 2004. Accrual Reliability, Earnings, Persistence and Stock Prices. Working Paper.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi. Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Sari, Dian P. 2007. Kemampuan Laba dan Arus Kas dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Masa Depan pada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Media Ekonomi dan Teknologi Informasi UDINUS. Vol. 10, No.2.

Setiawan, Zeffri. 2010. Kemampuan Informasi Keuangan dalam Memprediksi Perubahan Laba dan Perubahan Arus Kas di Masa Mendatang pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Sloan, R. G. 1996. “Do Stock Prices Fully Reflect Information in Accruals and Cash Flows About Future Earnings?”. The Accounting Review. Vol. 71, No. 3.

Soemarso. 2002. Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Kelima, Salemba Empat, Jakarta.

Sofyan Yamin dan Heri Kurniawan. 2009. SPSS Complete : Teknik Analisis Statistik terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta : Salemba Infotex.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Yadiati, Winwin. 2007. Teori Akuntansi. Cetakan kedua. Jakarta : Jakarta Putra Grafika.

Yaniartha, P. D’Yan. 2010. Kemampuan Prediksi Laba dan Arus Kas dalam Memprediksi Laba dan arus Kas pada Masa Mendatang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi. Singaraja Bali: Universitas Udayana.

Zaki Baridwan. 2004. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan, Yogyakarta: BPFE.


Article Metrics

Abstract has been read : 1572 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v3i2.1216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter