PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI TENTANG KURIKULUM AKUNTANSI SYARIAH

Anggita Langgeng Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa program studi pendidikan akuntansi tentang kurikulum akuntansi syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi IKIP PGRI Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data yang diambil dengan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 92 mahasiswa kelas teori akuntansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menilai kurikulum akuntansi syariah penting untuk diberikan kepada mahasiwa program studi pendidikan akuntasi karena dinilai penting bagi mahasiswa sebagai tambahan ilmu pengetahuan baru dan mendukung karir mahasiwa di masa depan

Keywords


pendidikan akuntansi; kurikulum; akuntansi syariah; persepsi

Full Text:

PDF

References


Aryanto Dina dan Mukhtaruddin. 2004. “Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Urgensi Syariah dan Relevansinya dalam Kurikulum Akuntansi”. Fordema Vol.4 No.1 Hal. 709-724

Dwi Andik Saputro. 2010. ‘Koreksi Konsep Nilai Tambah Syari’ah: Menimbang Pemikiran Konsep Dasar Teoritis Laporan Keuangan Akuntansi Syari’ah Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi XII di Universitas Sriwijaya, Palembang.

Etik Emilia Sula. 2010. “Reformulasi Akad Pembiayaan Murabahah Dengan Sistem Musyarakah Sebagai Inovasi Produk Perbankan Syariah”. Makalah disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi XII di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto.

Imam Ghozali. 2005. Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Badan Penerbit

Kusuma, A. C. 2006. “Ekonomi Islam: aplikasi dan pengembangan keilmuan di perguruan tinggi Islam”. Jurnal Hukum Islam, 5(3), Juli, 321-342.

Mokhamad Anwar. 2010. “Cost Components as Predictors for the Profitability of sharia Banks :(Study on PT. Bank Syariah Mandiri and PT. Bank Syariah Mega Indonesia)”. (online), (http//www:ssrn.com, diakses 18 Juli 2011).

Mumahad. 2007. “Rekonstruksi Kerangka Dasar Konseptual Untuk Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Syariah” (online), (http//:www.mercubuana.ac.id, diakses 8 Juni 2011).

Rifqi Muhammad dan Peni Nugraheni. 2011. “Model Pendidikan Berbasis Kompetensi Bagi SDI Perbankan Syariah Indonesia”. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Kontribusi Dunia Pendidikan ekonomi, Manajemen dan akuntansi dalam penguatan perekonomian bangsa di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 944 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v2i2.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

        

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter