IMPLEMENTASI SMALL GROUP DISCUSSION DAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI IKIP PGRI MADIUN

Nur Wahyuning Sulistyowati

Abstract


Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi IKIP PGRI Madiun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Model Kemmis dan Taggart dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menemukan telah terjadi peningkatan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi IKIP PGRI Madiun dengan metode model pembelajaran Small Group Discussion Dan Collaborative Learning. Dibuktikan dengan meningkatnya prestasi belajar mahasiswa yaitu dengan nilai IPK A dan B dengan kategori lulus, serta penggunaan waktu dan materi presentasi mahasiswa menjadi lebih baik dibadingkan sebelumnya, aktif dan berkompetisi yang sehat antar kelompok pada saat presentasi.


Keywords


Small Group Discussio; Collaborative Learning; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

Aqib, Zainal, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: CV.YramaWidya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press.

Hanafiah, Nanang., Cucu Suhana. 2012. Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press

Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep, Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemmis, Stephen and Robin McTaggart (eds). 1988. The Action Research Planner. Deakin University. Australia, Deakin University Press (3rd Edition).

Muslich, Masnur. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.

Tabrani, Rusyan dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taniredja, Tukiran dkk. 2011. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Al-Migwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru Dan Orang Tua. Bandung : Pusaka Setia.

Armstrong, Thomas. 2006. The Best Schools. Virginia : ASCD.

Balsmeier and Peters. 2009. “Latar belakang keluarga atau Karakteristik Anak : Apa Menentukan SMA Sukses di Jerman?”. Journal of Economics and Economic Education Research, Volume 10, Number 1, 2009. URL : http//search.proquest.com.

Baron, Robert A dan Donn Byrne. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1 (Edisi Ke Sepuluh). Jakarta : Erlangga.

Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka Cipta.

Friday Glorianto. 2005. “Analisis Pengaruh Motivasi Mengikuti Pelatihan dan Peran kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Orientasi Pembelajaran (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pekalongan)”. http://eprints.undip.ac.id/10279/1/2005MM4260.pdf.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hurlock. 1980. Development Psychology A Life-Span Approach, Fifth Edition. McGraw-Hill, Inc.

IKIP PGRI MADIUN. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi.

Jamaluddin Sawaji, Djabir Hamzah, dan Idrus Taba. 2010. “Pengambilan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Sulawesi Selatan”. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal.

Jonathan H. Westover, Ph.D. 2012. “Comparative International Differences in Intrinsic and Extrinsic Job Quality Characteristics and Worker Satisfaction, 1989-2005”. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 7; April 2012.

Kaylene C. Williams and Caroline C. Williams. 2011. “Five key ingredients for improving student motivation”. Research in Higher Education Journal.

Kusuma. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, PT. Indeks.

Ridwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Yatim. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Kelas. Jakarta, Dirjen Dikti. Wijaya

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.

Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 628 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is supported by

           

 

ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan is indexed by

     
     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 Flag Counter
Flag Counter