Pendampingan UMKM Terhadap Sentra Oleh-Oleh Enting Jahe Amaris di Desa Metesih, Kecamatan Jiwan

Liliek Nur Sulistiyowati, Melas Ilhan Mujni

Abstract


Sentra Oleh-Oleh Enting Jahe Amaris merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam industri food and beverages sejak beberapa tahun terakhir di Kota Madiun. Dalam perjalanannya, usaha tersebut belum memiliki sertifikasi label halal dan belum memiliki papan nama, serta pemilik masih belum sepenuhnya menerapkan sistem keuangan akuntansi secara tepat, dan yang paling krusial adalah dari segi pencatatan. Untuk itu, pengabdian masyarakat ditujukan untuk membantu Sentra Oleh-Oleh Enting Jahe Amaris dalam memperoleh sertifikasi label halal, membuat papan nama dan memperbaiki pencatatan keuangannya. Metode penyelesaian masalah yang digunakan berdasar pada pendekatan manajemen dalam meningkatkan hasil produksi dan hasil penjualan dengan 4 (empat) tahapan pelaksanaan program yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Selama proses pengabdian, penulis memperoleh informasi dan data yang dibutuhkan melalui pemilik usaha dan pihak yang terlibat langsung dalam operasi. Output dari pengabdian ini adalah pengajuan berkas-berkas pendaftaran sertifikasi halal, pembuatan papan nama, dan pembuatan template Microsoft Excel untuk pencatatan keuangan. Seperti yang diharapkan, keberadaan template yang telah diberi formula dan dihubungkan berperan dalam membantu Sentra Oleh-Oleh Enting Jahe Amaris memantau jumlah penjualannya dan labanya baik secara bulanan maupun tahunan serta dengan adanya sertifikasi halal dan papan nama akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Sentra Oleh-Oleh Enting Jahe Amaris.

Kata Kunci: UMKM, Abdi Masyarakat, Keuangan.

Full Text:

PDF

References


Ayu, B. D. (2021). Pendampingan Umkm di Desa Sukajaya Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital di Era New Normal. http://repo.darmajaya.ac.id/6121/1/LAPORAN%20HASIL%20PKPM%20BALQIS.pdf. Diakses pada 14 November 2023.

Slamet Riyanto, M. N. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Adimas BSI. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/11534/0. Diakses pada 14 November 2023.

Rino Tam, C., Putu, I. L., Fitri, O., & Bagas, B. P. (2023). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Gedhang Nugget Malang. https://doi.org/10.24198/sawala.v4i2.47 598. Diakses pada 19 Desember 2023.


Article Metrics

Abstract has been read : 26 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v3i01.19107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id