Optimalisasi UMKM “Batik Karang Wungu” di Desa Cileng, Poncol, Magetan Melalui Digital Marketing dan Legalitas Batik Masa Pandemi Covid-19

Elda Rostama Dwi Nugroho, Marfianita Ayu Nur Azizah, Mutiara Ciptaningsih, Heidy Paramitha Devi

Abstract


Kondisi pandemi menjadikan banyak ativitas dan pekerjaan masyarakat menjadi terbatasi, terlebih bagi para pengusaha dibidang produksi di pedesaan. Pada kondisi ini, bidang UMKM desa menjadi program kerja unggulan KKNT UNIPMA di Desa Cileng, Poncol, Magetan, yaitu dengan bekerjasama dalam mempromosikan Batik Karang Wungu. Masalah yang kami ditemukan pada kelompok batik ini adalah mengenai pemasaran dan legalitas batik, yang sampai sekarang masih terus diupayakan agar batik bisa terus eksis di masa yang akan datang. Dengan ketertarikan terhadap pelestarian batik tradisional, mahasiswa KKN berupaya untuk membantu pemasaran Batik Karang Wungu dengan metode Digital Marketing yang kini terus berkembang. Platform yang digunakan untuk mempromosikan batik yaitu dengan menggunakan Instagram bisnis, didalamnya mampu menjadi tempat jual beli online sekaligus membagikan proses pembuatan batik. Hal ini dengan maksud agar produk Batik Karang Wungu mampu dikenal oleh masyarakat luas dimasa pandemi. Sehingga, legalitas batik yang menjadi tujuan penting mampu terwujudkan bagi kelompok Batik Karang Wungu dan akan terus dikenal dan eksis berproduksi disetiap masa.

Kata Kunci: Digital Marketing, Batik, Legalitas Usaha.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 206 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i02.13198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id