Pendampingan Pengelolaan Keuangan tentang Bagaimana Membedakan antara Kebutuhan dan Keinginan pada Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Kemensos Ds. Pelang Lor Dsn. Tambakselo Timur RT.09 /RW.01 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi

Rollis Ayu Ditasari, Nur Ayu Amaliana

Abstract


PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Mereka yang berhak mendapatkan PKH adalah yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui, dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar. Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksakan kesehatan dan/atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengurangi angka dan  memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis data yang dilakukan menggambarkan bahwa, pelaksanaan program keluarga harapan {PKH) sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. dampak dari pelaksanaan PKH ini juga meningkatkan pengetahuan keluarga tentang pengelolaan keuangan dengan baik yaitu bagaimana membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam kehidupan sehari-hari selain itu masyarakat penerima bantuan juga berwirausaha burung perkutut di rumahnya masing-masing.

 

Kata Kunci: PKH, Kebutuhan dan Keinginan, Burung Perkutut.


Full Text:

PDF

References


http://indonesiabaik.id/videografis/apakah-kamu-berhak-menerima-pkh-simak-kriterianya

http://spektroem.com/dinas-sosial-ngawi-entas-kemiskinan-dengan-pkh/

https://kominfo.ngawikab.go.id/syarat-dan-tata-cara-mendapatkan-bantuan-sosial-tunai-akibat-covid-19-dari-pemerintah/

https://jatim.antaranews.com/berita/280330/jumlah-penerima-bantuan-pkh-di-ngawi-turun


Article Metrics

Abstract has been read : 311 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i01.11794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id