Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah dengan Manajemen Keuangan Syari’ah (Pada Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Kemensos Desa Pelang Lor Kec Kedunggalar Kab Ngawi)

Erma Wulan Sari, Virza Dhea Choirunnisa

Abstract


Keluarga Sakinah adalah keluarga yang dalam kehidupan rumah tangganya merasakan kehidupan yang tenteram, rukun dan damai, serta mampu memenuhi kebutuhannya secara layak dan seimbang, baik duniawi maupun ukhrawi. Dalam kenyataannya untuk mewujudkan keluarga sakinah bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satu faktor penyebab belum bisa terwujudnya keluarga sakinah adalah    pengelolaan keuangan keluarga yang kurang baik. Hal ini disebabkan masih minimnya pengetahuan ibu-ibu terkait tentang pengelolaan keuangan keluarga. Dengan demikian perlunya suatu pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola keuangan keluarga sesuai dengan syariat islam.  Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu terkait tentang bagaimana cara mengelola keuangan keluarga secara Syariah guna mewujudkan keuarga yang Sakinah. Objek penelitian ini adalah ibu-ibu penerima manfaat bantuan Kemensos Desa Pelang Lor, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi. Metode yang digunakan yaitu dengan ceramah dan diskusi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan semangat dari para ibu-ibu untuk segera menerapkan perencanaan pengelolaan keuangan keluarga secara syari’ah. Saran dalam pengabdian ini adalah adanya kegiatan sosialisasi lanjutan sehingga dapat lebih meningkatkan pemahaman ibu-ibu tentang pentingnya pengelolaan keuangan keluarga sesuai dengan syariat-syariat islam.

Kata Kunci: Keluarga Sakinah, Pengelolaan Keuangan Syari’ah.


Full Text:

PDF

References


Endrianti & Laila. (2016). Pengelolaan Keuangan Keluarga Secara Islam Pada Keluarga Muslim Etnis Padang dan Maksassar Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 3 (7), 549-560

Anggraini, et.al. (2017). Perencanaan Keuangan Syari’ah Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Manajemen Keuangan Keluarga Pada Anggota Majelis Ta’lim. Jurnal Sarwahita, 14 (01). 26-34

Marliana, et al. (2017). Perwujudan Keluarga Sakinah Melalui Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Secara Islami. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeri, 1 (2), 16-19.


Article Metrics

Abstract has been read : 63 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Office:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas PGRI Madiun

Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
email : wirakarya@unipma.ac.id