METODE MEMBACA NYARING PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERBICARA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 MAOSPATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sunarto Sunarto

Abstract


Abstrak artikel Membaca (reading) dan berbicara (speaking) merupakan kemampuan bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa. Hal ini sangat penting untuk dapat menuntaskan kompetensi utama yaitu kompetensi wacana yang difokuskan pada kemampuan berkomunikasi baik secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris. Dalam pengajaran Bahasa Inggris di Kelas VII C Semester I SMP Negeri 2 Maospati digunakan metode membaca nyaring untuk menumbuhkan keberanian siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Dikarenakan metode ini sangat mudah selain itu tidak membosankan dan bahasa yang digunakan dalam materinya sudah lazim di telinga siswa maka guru memilih metode ini untuk dipakai di kelas VII. Mengingat juga kompetensi yang harus dicapai yaitu siswa dapat membaca dan berbicara dengan benar, lancar dan akurat khususnya pada pronounciation dan intonation. Selain menumbuhkan keberanian berbicara metode ini juga bertujuan lain, siswa dapat membaca dengan tepat kata, phrase atau kalimat. Metode membaca nyaring ini dilakukan pada materi reading (membaca teks) dan speaking (memperagakan dialog di depan kelas). Dalam pelaksanaanya juga ditambah dengan permainan sebagai pelengkap. Sedangkan hasil akhir metode ini dapat dilihat pada saat siswa melakukan evaluasi membaca teks Bahasa Inggris dan pada saat siswa memperagakan dialog terpilih di depan kelas.

Keywords


Membaca nyaring; kemampuan membaca; Berbicara; SMP; Bahasa Inggris

References


Abbot, Garry, John Greenwood, Douglas Mc Keating, and Peter Wingrad, The Teaching of English as an International Language.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2005. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Silabus. Jakarta.

Dediknas. 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2004. Jakarta.

Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Fachrurrazy. 2002. Teaching English as a Foreign Language.Malang : The State University of Malang.

Larsen, Diane and Freeman. 1986. Techniques and Principles in Languange Teaching. England : Oxford University Press.


Article Metrics

Abstract has been read : 394 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i3.14710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats