Rancang Bangun Website Bimbingan Belajar Blessing Kids Dengan Metode System Development Lifecycle

Abraham Yohin Yada Perkasa

Abstract


Blessing Kids tergolong baru dalam dunia bisnis, sehingga kebutuhan citra publik sangat diperlukan sebagai media informasi dan menjadi daya tarik bagi orang tua untuk mendaftarkan anak – anaknya pada bimbingan belajar ini. Pada pendaftaran masih mengggunakan cara manual sehingga mengharuskan pendataan tertulis dikertas yang membutuhkan waktu yang cukup lama selain itu juga harus direkap ke dalam bentuk excel. Bimbingan Belajar Blessing Kids membutuhkan website untuk peningkatan citra publik dan pendaftaran yang datanya bisa diambil dalam bentuk excel. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penerapan System Development Lifecycle. Metode SDCL merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak. Kelebihan Metode ini adalah menyediakan tahapan yang dapat digunakan sebagai pedoman mengembangkan sistem, dan memberikan hasil sistem yang lebih baik karena sistem dianalisis dan dirancang secara keseluruhan sebelum diimplementasikan. Hasil dari penelitian ini dapat menyediakan web profile untuk peningkatan citra publik yang dapat dijadikan sebagai pendaftaran calon siswa.  Mengevaluasi website yang dibangun menggunakan blackbox testing dan pengujian kuesioner melibatkan 22 responden dengan System Usability Scale Berdasarkan dari hasil responden yang telah dihitung, Nilai rata-rata SUS dari jumlah studi adalah 68, maka nilai SUS di atas 68 dianggap di atas rata-rata, dan skor di bawah 68 dianggap di bawah normal. Jika skor kurang dari 68, ini menunjukkan bahwa ada masalah kegunaan yang perlu ditangani. Hasilnya penghitungan diatas ambang batas dari SUS yaitu 68,18181818, kesimpulan valid. Kesimpulan penelitian ini adalah perancangan dan membangun website bimbel Blessing Kids dengan menerapkan System Development Lifecycle dapat berjalan dengan baik sesuai harapan.


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


A. Mulyani and S. Sulastri, “Sistem Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Fawwaaz Kiddy Club Berbasis Web.” [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/

J. Pendidikan and D. Konseling, “Analisis Sistem Informasi dan Administrasi Pendaftaran Berbasis Web pada Perusahaan Start UP Bimbingan Belajar (Studi Kasus Ruangguru dan Zenius).”

A. P. Setiany, D. Noviyanto, M. Irfansyahfalah, S. Aisah, A. Saifudin, and I. Kusyadi, “Penggunaan Metode System Development Life Cycle( SDLC) dalam Analasis dan Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Kas Sekolah,” vol. 4, no. 3, pp. 179–186, 2021, doi: 10.32493/jtsi.v4i3.11992.

R. Widyastuti and W. Indrarti, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BIMBEL BERBASIS WEB STUDI KASUS DI BIMBEL DELTA,” vol. 6, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://codebetter.com/raymondlewallen/2005/07/13/s

A. Putri, “IMPLEMENTASI MEDIA PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SDLC),” 2022, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/index53

C. Wei Chun and S. A. Mostafa, “Bright Kids Tuition Centre Management Information System,” Applied Information Technology And Computer Science, vol. 2, no. 2, pp. 937–957, 2021, doi: 10.30880/aitcs.2021.02.02.059.

I. Tri Maulana, N. Sari, and S. Indonesia Padang, “PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU PADA BIMBEL INTENSIF SBMPTN NURUL FIKRI BERBASIS WEB,” 2020.

A. Rafli Hernawan and R. Yulia Hayuningtyas, “Penerapan System Development Life Cycle dalam Aplikasi Pemesanan Lapangan Futsal Berbasis Web,” Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/reputasi

“UJI VALIDITAS APLIKASI SI-BOOK MENGGUNAKAN SPSS DENGAN KOMBINASI METODE R-TABEL DAN COHEN’S KAPPA”.

Y. S. Novitasari, Q. J. Adrian, and W. Kurnia, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: BIMBINGAN BELAJAR DE POTLOOD),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 3, pp. 136–147, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

K. M. G. Senarathne, “Web Based Printing Job Management System,” 2020.

W. Steven Dharmawan et al., “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop,” vol. VI, no. 2, 2018.

P. Wulandari, W. L. Putri, and P. Hendro Wahyudiono, “Sistem Informasi Pengolahan Data Peternakan Ayam Kampung Pada CV. Dua Saudara Berbasis Web Mobile,” Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, vol. 4, no. 1, pp. 14–21, Apr. 2022, doi: 10.36079/lamintang.jetas-0401.351.

Budi Setiawan, “RANCANG BANGUN SISTEM BIMBINGAN BELAJAR SMART CENTER INDONESIA BERBASIS WEB,” 2021.

W. Welda, D. M. D. U. Putra, and A. M. Dirgayusari, “Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus)s,” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 4, no. 3, p. 152, Nov. 2020, doi: 10.23887/ijnse.v4i2.28864.


Article Metrics

Abstract has been read : 293 times
DOWNLOAD PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/set-up.v1i1.13878.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SET-UP : Jurnal Keilmuan Teknik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

 Creative Commons License

SET-UP : Jurnal Keilmuan Teknik by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/SET-UP/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats