Penerapan Raspberry Pi untuk Sistem Informasi Uang Elektronik (E-Money) Siswa Dengan Biaya Murah

Joko Triono, Shania Putri Windiastik

Abstract


Menerima atau melakukan pembayaran dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai imbalan atas barang atasu jasa yang kita berikan atau terima. Seiring perkembangan perekonomian yang pesat maka pertukaran barang dan jasa juga semakin cepat, hal ini memerlukan dukungan tersedianya sistem pembayaran yang lebih cepat, aman, efisien dan handal. Pemakaian uang tunai kurang efisien, ini disebabkan karena pengaruh pengadaan dan pengelolaan (cash handling), efisiensi waktu, dan resiko keamanan. Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi pengunaan uang cash yang dikeluarkan pada periode tahun 2005 sampai dengan sekarang. Banyak keuntungan dari penggunaan uang non tunai ini diantaranya kecepatan dalam bertransaksi, lebih aman, mudah dibawa dan lain-lain. Oleh karena itu perlu dikenalkan kepada seluruh masyarakat termasuk disekolah-sekolah. Implementasi dari uang non tunai disekolah ini berupa sistem informasi e-money yang menggunakan kartu pintar siswa yang bisa digunakan untuk pembayaran siswa di kantin sekolah. Sistem Informasi E-money ini akan diterapkan di MIN 1 Kota Madiun dan dikembangkan menggunakan metode penelitian Build dan fix. Perangkat keras yang digunakan Raspberry Pi versi 3 dan RFID reader type MFRC522 yang relatif murah yaitu sekitar Rp. 790.000,00, ini lebih murah dibanding alat serupa yang bermerek yang mencapai jutaan rupiah. Sedangkan perangkat lunaknya adalah bahasa pemrograman Python dan Delphi.Basisdata yang digunakan adalah MySQL. Pengujian sistem menggunakan metode Black Box yaitu pengujian dengan melihat sistem apakah output yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak, dan diperoleh hasil 100% valid.

Keywords


Black Box; Build dan fix; MIN 1 Kota Madiun; Raspberry Pi; Sistem Informasi E-money

Full Text:

PDF

References


A. Nursari, I.W. Suparta, dan Y. Moelgin, "Pengaruh Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Yang Diminta Masyarakat (M1) Dan Perekonomian". Jurnal Ekonomi Pembangunan, JEP-Vol. vol 8, no. 3, hal 285-306, Nopember 2019.

Y. Setyowati, A. N. Ramadhani, M. B. Alvian, D. R. Daniel, dan A. A. G. S. Utama,"E-Money Banyuwangi Tourism : QR Code Sebagai Alat Transaksi di Wisata Pulau Merah", Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, vol. 2, no. 2, hal. 290-306, 2017.

D. M. B. P. Wija, I.G.A. P. R. Agung, P. Rahardjo, "Rancang Bangun Sistem Konversi Uang Logam Menjadi E-Money Berbasis Mikrokontroler dan Aplikasi Android", Jurnal SPEKTRUM, vol. 8, no. 1, hal. 206-215, Maret 2021.

Y. D. Prameswari, "Rancangan Sistem Transportation Card Guna Mendukung Sarana Pariwisata Di Surabaya". Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu. hal. 146-150, 2017.

A. Mulyana, H. Wijaya, "Perancangan E-Payment System pada E-Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android", Komputika: Jurnal Sistem Komputer, vol. 7, no. 2, hal. 63-69, Oktober 2018.

D. Gusrion, "Sistem Pembayaran Secara Cashless Pada Koperasi Sekolah Yayasan Igasar", Jurnal KomTekInfo, vol. 5, no. 2, hal. 63-72, Desember 2018.

S. Nurhayati, "Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Elektornik Pada Kantin XYZ", Komputika: Jurnal Sistem Komputer, vol. 8, no. 1, hal. 29 - 35, April 2019.

E. Zunaitin, R. Niken, F. Wahyu, , "Pengaruh E-money terhadap Inflasi di Indonesia", Journal Ekuilibrium, vol. 2, no. 1, hal 18-23, 2017.

D. Prihatmoko, “Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh”, Jurnal Infotel, vol. 9, no. 1, hal. 84-91, Februari 2017.

T.M. Kadarina, M. H. I. Hajar, "Pengenalan Bahasa Pemrograman Python Menggunakan Aplikasi Games Untuk Siswa/i di Wilayah Kembangan Utara", Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), vol. 5, no. 1, hal. 11 - 16, September 2019.

I. A. E. Prasetyo, R. Kartadie, Sistem Keamanan Area Parkir STKIP PGRI Tulungagung Berbasis Radio Frequency Identification (RFID), JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), vol. 3, no. 1, hal. 66-75, Maret 2019.

R. F. Ramadhan, R. Mukhaiyar, "Penggunaan Database Mysql dengan Interface PhpMyAdmin sebagai Pengontrolan Smarthome Berbasis Raspberry Pi", JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, vol. 1, no. 2, 2020.

P. Y. M. Bate, A. S. Wiguna, D. A. Nugraha, "Sistem Penjemuran Otomatis Menggunakan Arduino Uno R3 Dengan Pendekatan Metode Fuzzy", KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, vol. 3, no. 1, hal.81-92, Maret 2020

E. G. Yuviega, P. Utomo, D. N. Amadi, "Pengembangan Sistem Informasi Geografi Bencana Alam Pada Kabupaten Madiun Berbasis Web Menggunakan Metode Build and Fix", Jurnal Pilar Teknologi, vol. 3 no. 2, September 2018.

W. N. Cholifah, Yulianingsih, S. M. Sagita, "Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions", Jurnal String, vol. 3, no. 2, Desember 2018.


Article Metrics

Abstract has been read : 74 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v5i1.7023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.