Pengukuran User Experience Pada Aplikasi Pasbhara Dengan Metode Heuristic Evaluation

Rafika Akhsani, Adimas Ketut Nalendra, M Mujiono, Ismanto Ismanto

Abstract


Kegiatan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler pada suatu sekolah. Aplikasi Phasbara adalah aplikasi berbasis android yang dibuat untuk membantu anggota pramuka dalam mendalami materi SAKA Bayangkara. Untuk mengetahui apakah aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna memerlukan sebuah evaluasi terhapat aplikasi itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usabilitas aplikasi phasbara dan memberikan usulan perbaikan guna meningkatkan kemudahan penggunaan aplikasi Pasbhara. Pada penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation. Responden adalah anggota SAKA Bayangkara di Blitar. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rule-rule dalam metode heuristic evaluation yang digunakan pada penelitian yaitu Visibility of system status, Match between system and the real world, User control and freedom, Consistency and standards, Recognition rather than recall, dan Flexibility and efficiency of use mendapatkan nilai presentase persetujuan dengan rating skala setuju. Ini berarti bahwa desain antarmuka aplikasi phasbara sudah baik. Akan tetapi pada rule help and documentation juga mendapatkan persentase persetujuan dengan rating skala setuju. Ini berarti bahwa dari sisi bantuan penggunaan aplikasi masih perlu disempurnakan kembali. 

Keywords


Aplikasi Phasbara; HCI ; Heuristic Evaluation; Pramuka; Saka Bayangkara

Full Text:

PDF

References


J. Abouwd G. and A. Finlay, Human-computer Interaction, 3rd ed. Inggris: Pearson Education, 2004.

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2018, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/2451/pdf.

I. R. Wulandari and L. D. Farida, “Pengukuran User Experience Pada E-Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 146–151, 2018.

A. Yasin and M. Yumarlin, “Evaluasi Web UJB Menggunakan Golden Rules Of User Interface Design Theo Mandel,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 4, no. Februari, pp. 6–7, Feb. 2016, Accessed: Apr. 26, 2020. [Online]. Available: www.janabadra.ac.id.

E. P. Rozanski and A. R. Haake, Human–computer interaction. 2017.

. I. M. A. O. W., . I. K. R. A. S. T. . M. K., and . G. A. P. S. K. . M. K., “ANALISIS USER EXPERIENCE WEB BASED DIGITAL LIBRARY JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, p. 320, Jul. 2017, doi: 10.23887/karmapati.v6i2.11689.

D. Ariyus and Sudarmawan, Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

S. Kieffer and S. Kieffer, “Representative Design in User Experience Evaluations,” vol. 9, no. 2, pp. 149–172, 2017.

P. Savitri and M. Ispani, “REVIEW DESAIN INTERFACE APLIKASI SOPPPOS MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIK,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, p. 95, Apr. 2015, doi: 10.24176/simet.v6i1.243.

M. W. M. Jaspers, “A comparison of usability methods for testing interactive health technologies: Methodological aspects and empirical evidence,” Int. J. Med. Inform., vol. 78, no. 5, pp. 340–353, May 2009, doi: 10.1016/j.ijmedinf.2008.10.002.

M. T. Kemmis, The Action Research Planner Victoria. Deakin University, 1982.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2011.


Article Metrics

Abstract has been read : 3356 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v3i1.6247

Refbacks





This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.