Optimasi Basis Data Spasial Untuk Mengidentifikasi Lampu APILL Di Kabupaten Sleman

Ichsan Wasiso, Agus Susilo Nugroho, Donny Yulianto, Kusrini Kusrini

Abstract


Lampu Apill (alat pemberi isyarat lalu lintas) merupakan salah satu rambu lalu lintas penting di jalan raya. Lampu apill biasa ditempatkan di persimpangan jalan, entah itu perempatan atau pertigaan. Adanya lampu apill membuat lalu lintas jalan raya bisa tertib, sehingga dapat mengurangi kemacetan hingga kecelakaan lalu lintas. Begitu pentingnya keadaan lampu apill, sehingga perlu pemeliharaan secara konsisten agar keberadaannya bisa bermanfaat secara maksimal. Tak jarang dalam melakukan pemeliharaan lampu apill, petugas menemui kesulitan dalam mengetahui lokasi lampu apill yang sudah tidak layak. Hal ini disebabkan karena tidak adanya basis data spasial yang mengakomodasi lokasi lampu apill. Kesulitan dalam mendata lampu apill ini berdampak pada kesulitan dalam menentukan anggaran terhadap lampu apill. Hal itu tentu tidak baik dalam suatu sistem pemerintahan. Sehingga kami sebagai peneliti mencoba memberikan solusi untuk permasalahan ini. Solusi tersebut hadir dalam penelitian ini yaitu dengan memudahkan petugas dalam melakukan survei data lampu apill, mempermudah dalam mengetahui posisi lampu apill yang akhirnya berdampak pada kemudahan dalam penyusunan anggaran lampu apill. Dalam melakukan penelitian, peneliti melakukan beberapa langkah yaitu : mencari koordinat lampu apill dengan tepat, baik secara online maupun alat gps offline. Setelah koordinatnya ditemukan kemudian dimasukkan dalam basis data spasial. Selanjutnya akan diintegrasikan dengan google maps. Selain itu untuk hasil pengujian basis data, kami temukan pada penelitian ini bahwa, basis data yang denormalisasi menunjukkan kecepatan dalam akses daripada basis data normalisasi. Tetapi ukuran basis data denormalisasi lebih besar dari pada basis data normalisasi. Dari serangkaian kegiatan ini, peneliti berharap ketika google maps dibuka, akan muncul titik lampu apill, dan ketika titik lampu apill tersebut diklik, akan muncul detail lampu apill, yang berisikan kondisi lampu apil, letaknya serta koordinatnya.

Keywords


spatial database; apill light; sign

Full Text:

PDF

References


I. Indrajani, “Rancang Bangun Basis Data Spasial Pemantauan Penyebaran Klinik 24 Jam di Dki Jakarta,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol. 4, no. 2, hal. 1368, Des 2013.

J. Wibowo, M. Awaluddin, Amarrohman, dan F. Janu, “Pembuatan Basis Data Spasial Tempat Indekos Berbasis Web Di Area Kampus Universitas Negeri Sebelas Maret,” J. Geod. Undip, vol. 6, no. 4, hal. 41–50, 2017.

Y. Priyana, A. Noor Anna, dan A. Anggoro Sigit, “PENGEMBANGAN APLIKASI WEB GIS UNTUK PENGELOLAAN DATABASE BANGUNAN DI KOTA SURAKARTA,” in THE 5 TH URECOL PROCEEDING, 2017, hal. 89–95.

D. B. Wiyanto dan D. A. Sulistiorini, “APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN TAMBAK GARAM DI KABUPATEN SIDOARJO,” Rekayasa, vol. 11, no. 1, hal. 1, Jul 2018.

S. Aisyah, “Jurnal Teknovasi APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS KELAYAKAN PADA PERUSAHAAN LEASING Siti Aisyah Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknoogi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia Jurnal Teknovasi ISSN : 2540-8389,” J. Teknovasi, vol. 6, no. 1, hal. 1–16, 2019.

R. Pamungkas, “OPTIMALISASI QUERY DALAM BASIS DATA MY SQL MENGGUNAKAN INDEX,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, hal. 27–31, Apr 2018.

C. Asiminidis, G. Kokkonis, dan S. Kontogiannis, “DATABASE SYSTEMS PERFORMANCE EVALUATION FOR IOT APPLICATIONS,” Int. J. Database Manag. Syst. (IJDMS, vol. 10, no. 6, 2018.

G. Gutiérrez, J. R. López, J. R. Paramá, dan M. R. Penabad, “The largest empty circle with location constraints in spatial databases,” Knowl. Inf. Syst., vol. 55, no. 1, hal. 141–169, Apr 2018.

D. J. Gu, “Application research on the geographical survey spatial database and its key technology,” Appl. Mech. Mater., vol. 644–650, hal. 2355–2358, 2014.

S. Yuliani, B. Sudarsono, dan A. Wijaya, “Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Sig) Untuk Pemetaan Pasar Tradisional Di Kota Semarang Berbasis Web,” J. Geod. Undip, vol. 5, no. 2, hal. 208–2016, 2016.

H. Wijayanto, A. M. A. Saputra, H. R. Hidayat, dan B. Istiyanto, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DAN MONITORING ALAT PEMBERI ISYARAT LALULINTAS BERBASIS TEKNOLOGI SMS GATEWAY,” J. Transp., vol. 15, no. 3, 2015.


Article Metrics

Abstract has been read : 1245 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v3i1.5799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.