Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ayam Berbasis Web Menggunakan Certainty Factors

Donny Yulianto, Idris Idris, Ichsan Wasiso, Kusrini Kusrini

Abstract


Peternakan adalah salah satu bidang yang membutuhkan sentuhan teknologi. Ayam merupakan hewan ternak yang paling banyak diternakkan di Indonesia. Tetapi tidak semua peternak memiliki pengetahuan yang cukup tentang penyakit dan gejala yang diderita ayam. Hal ini mengakibatkan jika ayam peliharaan mengalami sakit, peternak akan mengalami kebingungan untuk mengobatinya. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi sistem pakar. Untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian dari seorang pakar menggunakan metode certainty factors (CFs). Dalam penerapannya aplikasi sistem pakar ini masih harus dioptimalkan lagi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka dan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang didapatkan dari buku, jurnal yang relevan dan seorang pakar ayam. Kemudian dari hasil pengumpulan data tersebut digunakan untuk membangun aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit ayam yang dapat menghasilkan keluaran berupa kemungkinan penyakit yang diderita ayam berdasarkan gejala yang dimasukkan pengguna kedalam aplikasi dan memberikan solusi pengobatannya.

Keywords


chicken disease; certainty factors; expert system

Full Text:

PDF

References


P. I. alias Devi dan S. P. Rajagopalan, “The Expert System Designed to Improve Customer Satisfaction,” Des 2011.

L. Riyadi dan S. Samsudin, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FORWARD DAN BACKWORD CHAINING,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 5, no. 3, hal. 29–35, Apr 2018.

M. H. M. M. Ratih Fitri Aini, “PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT AYAM DENGAN METODE FORWARD CHAINING,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 2, Agu 2016.

A. Sandjaja, A. Wahju, R. Emanuel, dan M. C. Wijanto, “SISTEM PAKAR DETEKSI PENYAKIT AYAM DENGAN MEDIA INTERAKTIF,” 2016.

S. Kusumadewi, Artificial intelligence. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

S. Widiyanto, B. Surarso, dan D. Nurhayati, “Expert System to Determine the Priority Scale of Case in Laboratory of Forensic Using Forward Chaining and Backward Chaining Methods Rule Based,” 2017.

O. D. O dan Y. O. M, “DESIGN AND IMPLEMENTATION OF AN EXPERT SYSTEM FOR DIAGNOSIS, TREATMENT AND MANAGEMENT OF POULTRY DISEASES,” 2018.

A. H. Situmorang, I. N. Hakim, dan M. Shofyan, “Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Metode Forward Channing,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., hal. 6–7, 2016.

A. H. Aji, M. T. Furqon, dan A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, hal. 2127–2134, 2018.

S. Saifulloh, R. Pamungkas, dan M. Lenawati, “Decision support system with TOPSIS method for lecturer appraisal in Universitas PGRI Madiun,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1375, no. 1, hal. 12009.

Rasyaf, Panduan Beternak Ayam Petelur. Jakarta: Swadaya, 2009.

S. Russel dan P. Norvig, Artificial intelligence: A modern approach, 2nd ed. New Jersey: Pearson Education, 2003.


Article Metrics

Abstract has been read : 3863 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v3i1.5782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.