Digital Informasi Kehadiran Status Dosen ITB STIKOM Bali Berbasis Web

Pande Putra Pertama

Abstract


Pemanfaatan teknologi memiliki banyak fungsi, yaitu berfungsi sebagai salah satu media yang membantu pengguna dalam mempermudah mendapatkan informasi, dengan memanfaatkan teknologi digital infomasi, dimana dapat membantu memberikan informasi status dosen di kampus apakah dosen tersebut ada di lokasi ataupun sedang melakukan kegiatan lain diluar kampus. Informasi status dosen sebelumnya masih dilakukan dengan cara lisan atau mahasiswa masih datang ke ruangan dosen bersangkutan dan langsung menanyakan apakah dosen tersebut ada atau tidak. Terkadang dengan intensitas kerja dosen yang tinggi maka informasi yang dibutuhkan harus cepat, maka dari itu dibutuhkan media informasi yang lebih dinamis dan memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi dosen. Metode pengembanga sistem ini menggunakan RAD dimana metode ini lebih relatif sesuai dengan rencana pengembangan aplikasi yang memiliki ruang lingkup tidak terlalu besar. Hasil dari penelitian ini menggunakan web, dimana mahasiswa dapat mengetahui informasi dosen yangakan di cari dengan cara melihat pada tampilan displayweb yang yang bias diakses oleh mahasiswa, dan setiap dosen dapat dapat sekaligus mengganti status kehadiran dosen tersebut yang ditampilkan dalam bentuk aplikasi dengan database pada servermelalui internet yang menampilkan informasi status dosen.


Keywords


Status Dosen, STIKOM Bali, RAD, Ajax

Full Text:

PDF

References


T. Fahrudin, “Pencatatan dan Pemantauan Kehadiran Perkuliahan di Lingkungan Politeknik Telkom Berbasis RFID dan Aplikasi Web,” Konf. Nas. ICT-M Politek. Telkom, vol. 1, no. 1, hal. 155–159, 2011.

R. Pamungkas, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJADWALAN KULIAH PADA STKIP WIDYA YUWANA,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, no. 1, hal. 4-11–121, Feb 2016.

D. Setiawan Putra dan A. Fauzijah, “Perancangan Aplikasi Presensi Dosen Realtime Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Menggunakan Fingerprint Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, hal. 167–171, Mei 2018.

I. Ikbal dan S. Mauluddin, “Classroom Booking Information System Integrated with Course Scheduling Information System,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 407, no. 1, hal. 12163.

M. I. Hanafri, Triono, dan I. Luthfiudin, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global,” J. Sisfotek Glob., vol. Vol.8, no. No.1, hal. 81–86, Mar 2018.

R. Firliana dan F. Rhohman, “Aplikasi Sistem Informasi Absensi Mahasiswa dan Dosen,” J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, hal. 70–74, Feb 2019.

M. Abdullahi, M. A. Ngadi, dan S. M. Abdulhamid, “Symbiotic Organism Search optimization based task scheduling in cloud computing environment,” Futur. Gener. Comput. Syst., vol. 56, hal. 640–650, Mar 2016.

M. Nurkamid, M. Dahlan, A. Susanto, dan T. Khotimah, “Pemanfaatan aplikasi jejaring sosial facebook untuk media pembelajaran,” J. sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, hal. 1–16, 2010.

F. Azis dan S. Wahjuni, “Rancang Bangun Sistem Otomasi Presentasi Kuliah Menggunakan Raspberry Pi dan Radio Frequency Identification (RFID),” J. Ilmu Komput. dan Agri-Informatika, vol. 5, no. 2, hal. 76, Apr 2019.

B. Sidik dan H. Pohan, Pemrograman web dengan HTML. Bandung: Informatika, 2012.


Article Metrics

Abstract has been read : 608 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v2i02.5223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.