Penerapan Quality Of Service (QoS) dengan Metode PCQ untuk Manajemen Bandwidth Internet pada WLAN Politeknik Negeri Madiun

Hendrik Kusbandono, Eva Mirza Syafitri

Abstract


Teknologi Wireless LAN difungsikan untuk memfasilitasi kemudahan untuk koneksi jaringan, tidak lain termasuk jaringan internet. Manajemen bandwidth merupakan mengalokasikan suatu bandwidth yang berfungsi untuk mendukung kebutuhan atau keperluan suatu jaringan internet agar memberikan jaminan kualitas layanan suatu jaringan QoS (Quality of Services). Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan dan kinerja jaringan Wireless LAN (WLAN), serta mengoptimalkan pembagian bandwidth secara merata ke sejumlah client yang aktif. Metode penelitian ini adalah penerapan Quality of Service (QoS) yang digunakan untuk mengukur kualitas bandwidth internet yang berjalan pada Wireless LAN dengan parameter download, upload, throughput, delay, jitter, dan packet loss dan manajemen bandwidth dengan PCQ (Per Connection Queue). Hasil penelitian ini adalah pada rentang waktu 08.00 s/d 16.00 WIB quota IP Address dinamis habis, sehingga tidak dapat mengkoneksikan ke hotspot PNM-MHS. Menunjukkan rata-rata nilai sebelum dilakukan manajemen bandwidth metode PCQ pada throughput adalah 374,98 Kbps, nilai delay adalah 40,16 ms dengan kategori latensi “Sangat Bagus”, nilai jitter adalah 99,43 ms dengan kategori degradasi “Sedang”, nilai packet loss adalah 23,94 % dengan kategori degredasi “Sedang”. Sedangkan setelah melakukan manajemen bandwidth nilai throughput adalah 362,56 Kbps, nilai delay adalah 29,84 ms dengan kategori latensi “Sangat Bagus”, nilai jitter adalah 55,53 ms dengan kategori degradasi “Bagus”, nilai packet loss adalah 14,29 % dengan kategori degredasi “Bagus”. Manajemen bandwidth metode PCQ bekerja dengan sebuah algoritma yang akan membagi bandwidth secara merata ke sejumlah client yang aktif. PCQ ideal diterapkan apabila dalam pengaturan bandwidth kesulitan dalam penentuan bandwidth per client.

Full Text:

PDF

References


R. Towidjojo, “Mikrotik Kung Fu : Kitab 3,” 3 ed., Jakarta: Jasakom, 2016.

R. Towidjojo, “Mikrotik Kung Fu : Kitab 2,” 2 ed., Jakarta: Jasakom, 2013.

E. Febriyanti, S. Raharjo, dan M. Sholeh, “PERBANDINGAN MANAJEMEN BANDWIDTH MENGGUNAKAN METODE FIFO (FIRST-IN FIRST-OUT) DAN PCQ (PER CONNECTION QUEUE) PADA ROUTER MIKROTIK,” JARKOM, vol. 5, no. 2, hal. 89–98, 2017.

T. Pratama, M. A. Irwansyah, dan Yulianti, “Perbandingan Metode PCQ, SFQ, RED Dan FIFO Pada Mikrotik Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Jaringan Pada Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura,” J. Tek. Inform. Univ. Tanjungpura, vol. 3, no. 3, hal. 298–303, Okt 2015.

A. I. Wijaya dan L. B. Handoko, “Manajemen Bandwidth Dengan Metode Htb ( Hierarchical Token Bucket ) Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Semarang,” J. Tek. Inform. Udinus, vol. 1, no. 1, hal. 5–7, 2014.

M. F. Asnawi, “APLIKASI KONFIGURASI MIKROTIK SEBAGAI MANAJEMEN BANDWIDTH DAN INTERNET GATEWAY BERBASIS WEB,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 5, no. 1, hal. 42–48, Jan 2018.

Mirsantoso, T. U. Kalsum, dan R. Supardi, “Implementasi Dan Analisa Per Connection Queue ( Pcq ) Sebagai,” J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, hal. 139–148, 2015.

Aji Supriyanto, “Analisis Kelemahan Keamanan pada Jaringan Wireless,” J. Teknol. Infromasi Din., vol. 11, no. 1, hal. 38–46, 2006.

F. I. Aziz, B. A. P, dan R. Ritzkal, “SISTEM MONITORING JARINGAN DAN OPTIMALISASI MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN ALGORITMA HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET) PADA ZABBIX DENGAN NOTIFIKASI SMS GATEWAY DAN EMAIL (STUDI KASUS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KAB. BOGOR),” Pros. Semin. Nas. ENERGI Teknol., hal. 231–245, Apr 2018.

TIPHON, Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network (TIPHON) General aspects of Quality of Service (QoS). France: ETSI, 1999.

N. F. Puspitasari dan A. Dahlan, “Analisa Trafik dan Quality of Service (QoS) untuk Optimalisasi Manajemen Bandwidth (Studi Kasus : Universitas Amikom Yogyakarta),” Dasi, vol. 18, no. 3, hal. 63–70, 2017.


Article Metrics

Abstract has been read : 3208 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v2i1.3743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.