Penerapan Cloud Storage Dalam Perkuliahan Fakultas Teknik Universitas Pgri Madiun

Mei Lenawati

Abstract


Perkembangan teknologi komputer berbasis internet sekarang ini telah mengarah pada proses pengaplikasian sistem yang mudah dan hanya membutuhkan sedikit tenaga. Komputasi awan (cloud computing), yaitu gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi internet melalui komputer dengan koneksi internet. Internet memberikan kemudahan dalam bebagai segi pekerjaan, termasuk dalam lingkungan pendidikan. Pada perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak dengan lokasi yang berbeda, tidak jarang sering mengalami kesulitan dalam pengerjaan tugas kelompok dikarenakan domisili yang berjauhan dengan adanya internet mahasiswa dapat saling berkomunikasi meskipun dalam lokasi yang berbeda. Sharing Data dan penyimpanan data merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. Pada era modern ini, salah satu masalah yang sering terjadi adalah kehilangan data yang sangat penting dikarenakan hardware rusak, file terinfeksi virus sehingga file tidak bisa dibuka. Maka dari itu sangat diperlukan layanan cloud computing sebagai media penyimpanan yang dapat memback up seluruh data penting yang terjamin keamanannya dan dapat diupload maupun didownload dari mana saja

Full Text:

PDF

References


D. Setiawan, N. Asnawi, and H. A. Mumtahana, “EVALUATION OF STYLE-TEACHING LECTURERS INFORMATICS ENGINEERING STUDY PROGRAM UNIPMA IN TREND EDUCATION BASED ON TECHNOLOGY,” Int. Conf. Educ. Sci., pp. 1168–1173, 2017.

D. Setiawan, “PERSPEKTIF E-LEARNING DOSEN PROGRAM STUDI SISTEM INFROMASI UNIPMA,” Res. J. Comput. Inf. Syst. &technologymanagement, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2018.

R. Pamungkas, “OPTIMALISASI QUERY DALAM BASIS DATA MY SQL MENGGUNAKAN INDEX,” Res. J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 27–31, 2018.

E. Y. Anggraini et al., “Aplikasi Penjadwalan Tugas berbasis Mobile Device Didukung Google Task dan Google Drive.”

A. Raziq and E. Marlina, “Pengelolaan Data Penelitian berbasis Komputasi Awan,” SoSDict J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2018.

M. R. Effendi, “PENERAPAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING DI UNIVERSITAS (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bayangkara Jakarta),” J. Teknol. Informasi12, vol. 12, no. 1, pp. 7–14, 2016.

D. Yulistyanti, “Kajian Penerimaan Aplikasi Dropbox Dalam Pekerjaan Kelompok Siswa : Studi Kasus Smk Setia Negara Depok,” vol. 7, no. 1, pp. 15–28, 2016.


Article Metrics

Abstract has been read : 1587 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v1i02.3372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.