Perbandingan Analytical Hierarchy Process dan Fuzzy Mamdani untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah di Daerah Cepu

Adhika Pramita Widyassari, Teguh Yuwono

Abstract


Rumah merupakan kebutuhan dasar dan penting bagi semua manusia. Menyadari itu semua, banyak developer menawarkan berbagai alternative rumah dari mulai harga, lokasi, desain, fasilitas, maupun luas tanah. Hal inilah yang menyebabkan konsumen harus pandai-pandai memilih perumahan mana yang akan mereka ambil yang sesuai dengan kriteria-kriteria yang diinginkan. Sistem pendukung keputusan dibangun untuk membantu orang dalam menentukan pilihan dalam kasus ini adalah membantu orang untuk memilih perumahan yang diinginkan dari berbagai pilihan perumahan yang ada berdasarkan ke lima aspek tersebut. Sistem dengan metode AHP ini juga menjanjikan proses penilaian yang lebih baik karena dapat memberikan bobot kepada berbagai aspek penilaian. Fuzzy Mamdani berperan sebagai pendukung keputusan karena dalam dunia nyata pembeli sering kesulitan untuk memilih rumah idamannya dengan beberapa kriteria yang sesuai dengan kebutuhannya Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) AHP dan Fuzzy Mamdani dapat dijadikan sebagai analisis dalam sistem pendukung keputusan  menentukan pilihan rumah. 2) Perbandingan AHP dengan Fuzzy Mamdani dengan kasus pemilihan rumah adalah 0,90298. 3) Tingkat akurasi AHP lebih baik dibandingkan dengan Fuzzy Mamdani pada kasus pemilihan rumah dengan MSE sebesar 0.048538.

Full Text:

PDF

References


E. Widiastuti and S. Handayani, PROSIDING SEMINAR NASIONAL STATISTIKA, 10th ed. semarang: Universitas DIPONEGORO, 2013.

T. Fitriani, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil dengan Model Fuzzy Multi Atribute Decision Making,” 2016.

A. F. Nurifai, N. Rijati, and S. M. Kom, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perumahan Dengan Metode Fuzzy Tahani ( Studi Pada Pt . Bukit Semarang Jaya Metro ),” no. 3.

W. Sudirman, “ciri-ciri Sistem Pendukung Keputusan,” 2008.

S. MARDIYATI, JULIANA, and D. DRIYANI, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Program Studi,” 2013.

A. Suwandi, “PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUMAHAN MENENGAH DAN SEDERHANA DI KABUPATEN SUMENEP DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS,” EXTRAPOLASI J. Tek. Sipil, vol. 8, no. 2, Dec. 2015.

A. Y. Ranius, “Sistem Penunjang Keputusan Penetapan Dosen Pembimbing dan Penguji Skipsi Dengan Menggunakan Metode AHP,” 2013.


Article Metrics

Abstract has been read : 2434 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v1i02.3360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.