Optimalisasi Query Dalam Basis Data My Sql Menggunakan Index

Ridho Pamungkas

Abstract


Kualitas sebuah sistem informasi sangat terpengaruhi oleh kualitas desain basis data. Terkadang seorang programmer melupakan optimalisasi sebuah query di MySQL, padahal jika suatu sistem yang telah berjalan opltimalisasi sangatlah penting ketika jumlah data menjadi besar. Di dalam MySQL menyediakan fungsi index pada table dan mempercepat proses pencarian dalam suatu basis data.Index pada intinya akan berguna apabila digunakan sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan karena apabila tidak, index yang dibuat secara sembarangan dan banyak akan membuat lambatnya akses ke database. Sehingga harus diperhatikan lagi aturan – aturan dan analisis yang baik sebelum membuat index pada database

Full Text:

PDF

References


Raharjo, Suwanto, "Integrity Constraint Basis Data RelasionalDengan Menggunakan pl/pgsqlDan Check Constraint" in Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri, Malang, 2015, pp. IV-22 - IV 27.

Bambang Hariyanto, Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, Bandung, 2004.

Z.A. Hasibuan, Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta, Infonesia: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 2007.

B.Rassameethes, "Analysis and Integrastion of Thailand ICT Master Plan," International Journal of Synergy and Research, p. 77, 2012.

Firdayanti Restika, "Persepsi Resiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online," Journal of Social and Industrial Psychology, vol. I, no. 1, pp. 1-7, 2012.

Robinson Pearce, Manajemen Strategis, Formulasi Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2008.


Article Metrics

Abstract has been read : 2589 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v1i1.2453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.