Analisa Kepuasan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan Framework PIECES

Nanang Junaedi

Abstract


Kepuasan pengguna sistem informasi adalah tolak ukur baik tidaknya sebuah sistem informasi. Proses pengukuran SI dapat dilakukan dengan banyak cara. Dalam penelitian ini akan dilakukan proses pengukuran Kepuasan penggunaan Aplikasi EDMODO dengan PIECES Framework. Wabah Covit-19 yang saat ini sedang melanda dunia masih belum ada tanda-tanda akan segera berakhir, bahkan sudah virus ini telah mengalami mutasi gen menjadi banyak virus baru dengan varian yang lebih banyak lagi. Dunia pendidikan pun mengalami imbas yang signifikan yang menyebabkan tatap muka harus diganti menjadi virtual, imbasnya banyak siswa atau mahasiswa beralih ke EDMODO atau Google Classrom sebagai pengganti kelas luring menjadi daring. Metode analisis PIECES Framework, yang memiliki beberapa domain atau point analisa, diantaranya: Performance, Informations and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, and Service. Pada setiap domain analisa adalah referensi untuk mengevaluasi dan menganalisa sistem informasi perpustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-Learning EDMODO adalah yang baik untuk mendukung pembelajaran daring

Keywords


Daring; EDMODO; Kepuasan; PIECES Framework

Full Text:

PDF

References


K. Eka Putri and F. Aditia Wiguna, “Implementation of learning during the covid-19 in college,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 7, no. 2, pp. 295–304, 2022, doi: 10.29407/jpdn.v7i2.15996.

A. M. Riad, H. K. El-Minir, and H. A. El-Ghareeb, “Evaluation of utilizing service oriented architecture as a suitable solution to align university management information systems and learning management systems,” Turkish Online J. Distance Educ., vol. 10, no. 4, pp. 27–40, 2009.

A. ADNAN, “Antara Moodle, EDMODO dan Schoology,” 2022. http://amiroh.web.id/

S. Raharja, L. Diat Prasojo, and A. Agung Nugroho, “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN PENGEMBANGAN SOFTWARE MOODLE DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Setya Raharja , Lantip Diat Prasojo , dan Ariyawan Agung Nugroho LEARNING MODEL BASED LEARNING MANAGEMENT SYSTEM WITH SOFTWARE DEVELOPMENT,” J. KEPENDIDIKAN, Nomor 1, Mei 2011, Hal. 34 - 44, vol. 41, no. 2, pp. 34–44, 2011.

R. Ekayati and M. Arifin, E-Learning “EDMODO Go Blog,” vol. 24, no. 1. 2018.

I. Majid, “Pengaruh E-learning berbasis EDMODO pada Mata Kuliah Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi,” J. Comput. Inf. Syst. ( J-CIS ), vol. 1, no. 2, pp. 29–36, 2019, doi: 10.31605/jcis.v1i2.627.

NESABAMEDIA, “Tentang EDMODO : Pengertian, Manfaat, dan Fitur-Fiturnya yang Wajib Anda Ketahui,” 2021. https://www.nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-fitur-EDMODO//

T. T. Prabowo, “Model Evaluasi Sistem Informasi Perpustakaan,” Mater. Perkuliahan Desain Sist. Inf., 2022.

S. R. Wicaksono, P. K. K. Putro, M. N. Chandra, and F. M. Rachmasari, “Risk Assessment pada Aplikasi Media Edukasi Berbasis Online EDMODO Menggunakan Framework OCTAVE Allegro,” Insearch Inf. Syst. Res. J., vol. 1, no. 02, pp. 46–50, 2021, doi: 10.15548/isrj.v1i02.2447.

S. Ramadhani, “PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, 2018, doi: 10.26905/jtmi.v4i2.2101.

T. Sutabri, Sistem Informasi Manajemen (Edisi I). Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Jogiyanto, Metodologi Penelitian Sistem Informasi, 1 st. Yogyakarta: Andi Offset, 2008.

J. Hutaenan, Konsep Sistem Informasi, vol. 3. 2014. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/viewFile/6095/4116

P. Kotler, Marketing Management, Internatio. New Jersey: Prentice Hall, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV.Alfabeta, 2012.


Article Metrics

Abstract has been read : 118 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v5i2.13986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.