Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Menggunakan Metode Service Quality

Ziyan Zulfa Alim, Sucipto s Sucipto, Rina Firliana

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dan Komunikasi di bidang perdagangan dikembangkan dengan sangat cepat, e-commerce adalah cara penting untuk menyebarkan informasi tentang berbagai produk unik dan memperluas area pangsa pasar. Agro Bibit  ID merupakan e-commerce yang dikembangkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh penjualan bisnis bibit tanaman namun, penelitian tidak pernah dilakukan untuk mengetahui bagaimana keberhasilan e-commerce penjualan bibit tanaman. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu pendekatan metode Service Quality. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna pada e-commerce CV Agrobibit. Pengambilan sampel dengan metode non-probability sampling jenis sampling purporsive, jumlah sampel sebanyak 110 responden. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial, variable kualitas sistem tidak berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pengguna e-commerce CV Agrobibit. Pengaruh secara parsial, variable kualitas informasi dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pengguna e-commerce CV Agrobibit. 

Keywords


Agro Bibit; E-Commerce; Service Quality

Full Text:

PDF

References


G. Natalia Krisnawati, S. Sucipto, and R. Firliana, “Evaluasi Penerapan Sim-Rs Menggunakan Cobit 5 Pada Rsud Lawang,” Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 13, no. 2, pp. 80–89, 2019, doi: 10.35457/antivirus.v13i2.858.

W. Srisadono, “Strategi perusahaan e-commerce membangun brand community di media sosial dalam meningkatkan omset penjualan,” Jurnal Pustaka Komunikasi, vol. 1, no. 1, pp. 167–179, 2018.

Z. Azzahra and D. Pratomo, “Kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna sistem analisis pengaruh informasi akuntansi pembayaran menggunakan metode Delone & Mclean (studi kasus layanan pembayaran Go-Pay di aplikasi Go-Jek),” e-Proceeding of Management, vol. 7, no. 2, pp. 2817–2821, 2020.

C. A. Inggit and T. I. Wijaksana, “Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna linkaja,” ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management, vol. 7, no. 2, pp. 6622–6630, 2020.

Armiani, “E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19,” Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, vol. 6, no. 1, pp. 668–676, 2022, doi: 10.33395/owner.v6i1.639.

R. Agustina, R. Gustiana, and O. Amini, “Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi pada PT Indomarco Prismatama Cabang Banjarmasin,” Dinamika Ekonomi : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 189–205, 2021.

B. T. Harso, D. Arletta, and K. Adi, “Analisis pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan perceived usefullness terhadap kepuasaan pengguna aplikasi e-benefit dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan pada Pt Asuransi Jiwa Central Asia Raya di Jakarta,” Syntax Idea, vol. 3, no. 10, pp. 2021–2041, 2021, doi: 10.36418/syntax-idea.v3i10.1521.

N. Sari and T. I. Wijaksana, “Pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna Aplikasi Olx,” e-Proceeding of Management, vol. 7, no. 2, pp. 6520–6536, 2020.

R. H. Putra, N. Aprila, F. Marietza, and M. Hatta, “Kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan perceived usefulness terhadap kepuasan pengguna akhir software analisis kredit,” researchgate : jurnal akuntansi, vol. 10, no. 3, pp. 245–260, 2020, doi: j.akuntansi.10.3.245-260.

T. M. M. Maulana and Nasir, “Pengaruh kualitas informasi dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian secara online dimediasi oleh kepercayaan konsumen pada pengguna aplikasi e-commerce di Kota Banda Aceh,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, vol. 6, no. 2, pp. 368–384, 2021, doi: 10.24815/jimen.v6i2.17005.

K. K. Mulyono, A. S. Wardani, and S. Sucipto, “Pengukuran Kesuksesan Website Universitas Menggunakan Metode Delone and Mclean,” JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 64–76, Dec. 2022, doi: 10.53624/JSITIK.V1I1.178.

H. Gunawan, Zulkarnain, and A. F. Alwie, “Pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepercayaan dan kepuasan masyarakat pada informasi publik dari badan pemeriksa keuangan perwakilan Provinsi Riau,” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, vol. 11, no. 4, pp. 684–697, 2019.

R. A. Syarifa and R. Susilawaty, “Pengaruh kualitas sistem, informasi dan layanan terhadap kepuasan pengguna dalam menentukan net benefit seller UMKM (studi kasus pada Toko Online Shopee Indonesia),” Indonesian Accounting Literacy Journal, vol. 1, no. 2, pp. 304–313, 2021.

J. S. Sihotang, “Pengaruh kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem aplikasi keuangan tingkat Instansi (Sakti),” Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, vol. 11, no. 1, pp. 1–9, 2020.

D. P. Agani and E. Azis, “Pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna aplikasi SPPD (studi kasus pada yayasan pendidikan Telkom),” e-Proceeding of Management, vol. 8, no. 1, pp. 67–75, 2021.

A. Irawan and T. I. Wijaksana, “Pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna Aplikasi Elevenia,” e-Proceeding of Management, vol. 7, no. 2, pp. 3848–3860, 2020, doi: 10.32409/jikstik.20.2.2714.

S. Amarin and T. I. Wijaksana, “Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung),” Business Management Analysis Journal (BMAJ), vol. 4, no. 1, pp. 37–52, 2021, doi: 10.24176/bmaj.v4i1.6001.

A. Athori, “PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENDANAAN,” JCA (Jurnal Cendekia Akuntansi), vol. 2, no. 2, pp. 86–100, Jan. 2022, doi: 10.32503/AKUNTANSI.V2I2.2284.

I. Nursiana, A. Lasmana, and Y. P. Hutomo, “Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Sebelum Dan Selama Pandemi Covid 19 Menggunakan Metode Rasio (Studi Kasus Pada Sektor Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia),” KARIMAH TAUHID, vol. 1, no. 2, pp. 240–250, May 2022, doi: 10.30997/KARIMAHTAUHID.V1I2.7880.

I. Lenaini and R. Artikel, “TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING,” Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, vol. 6, no. 1, pp. 33–39, Jun. 2021, doi: 10.31764/HISTORIS.V6I1.4075.

D. A. Saputra, Sucipto, and T. Andriyanto, “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri,” Research : Journal of Computer, Information System, & Technology Management, vol. 5, no. 1, pp. 17–22, 2022, doi: http://doi.org/10.25273/research.v5i1.9350.


Article Metrics

Abstract has been read : 258 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/research.v5i2.13605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work by Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.