THE URGENCY OF COMMUNICATION PSYCHOLOGY IN EDUCATIONAL PERSPECTIVE

Latutik Mukhlisin, Malik Ibrahim, Anggita Aulia Al Rasyid, Aisyah Megananda Assa Sajitin

Abstract


Abstrak

Psikologi komunikasi merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan oleh seorang pendidik untuk mengetahui karakteristik murid. Seorang pendidik yang mengetahui karakteristik murid tentu dapat melakukan pendekatan dengan menggunakan metode-metode yang sejalan dengan psikis murid-muridnya. Oleh karena itu, psikologi komunikasi pendidikan merupakan salah satu poin penting untuk menentukan keberhasilan dalam belajar siswa. Riset ini bertujuan untuk menganalisi urgensi psikologi komunikasi dalam perspektif pendidikan. Riset ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, sedangkan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi yakni mengambil data dari berbagai buku, jurnal dan laporan riset. Hasil riset menunjukkan bahwa, psikologi komunikasi memiliki peran penting dalam bidang pendidikan. Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang selaras dengan psikis siswa dengan menggunakan psikologi komunikasi untuk membantu mereka memahami setiap karakteristik siswa. Selain itu, psikologi komunikasi dapat mendukung peningkatan komunikasi interpersonal dalam lingkungan belajar. Selanjutnya, penggunaan psikologi komunikasi dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul di bidang pendidikan, termasuk bullying dan kekerasan. Hal ini dikuatkan oleh sejumlah penelitian dan literatur yang mencakup urgensi psikologi komunikasi dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif dan harmonis.

 

Abstract

Communication psychology is one of the instruments that can be used by an educator to find out the characteristics of students. An educator who knows the characteristics of students can certainly approach them using methods that are in line with the psyches of their students. Therefore, the psychology of educational communication is one of the important points in determining success in student learning. This research aims to analyze the urgency of communication psychology in an educational perspective. This research uses qualitative research with a literature approach, while the type of data used is secondary data. The data collection technique uses documentation, namely taking data from various books, journals, and research reports. The results show that communication psychology has an important role in the field of education. Teachers can use learning strategies that are in tune with students' psyches by using communication psychology to help them understand each student's characteristics. In addition, communication psychology can support the improvement of interpersonal communication in the learning environment. Furthermore, the use of communication psychology can be one way to overcome various problems that arise in the field of education, including bullying and violence. This is corroborated by several studies and literature covering the urgency of communication psychology in improving the effectiveness of the learning process and creating an effective and harmonious educational environment.

 

Keywords


Urgensi Psikologi Komunikasi; Pendidikan; The Urgency of Communication Psychology; Education

Full Text:

PDF

References


Ahmad, C., Noorchasanah, & Arifin, B. S. (2021). Psikologi Komunikasi dalam Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3. (1) 33–48. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i1.122

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2. (2) 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Budiman, H. (n.d.). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8. (1) 31–43. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Bullying di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2. (1) 53–62.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana.

Ekaningtyas, N. L. D. (2022). Psikologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.(1) 29–38. https://doi.org/10.53977/ps.v2i01.526

Febriana, P., & Situmorang, N. Z. (2019). Mengapa Remaja Agresi. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1. (1) 16–21.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.

Hasan, P. R., & Arif, M. (2021). Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pembelajaran. An-Nizom, 6. (1) 24–30. http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i1.3982

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11. (2) 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Ibrahim, M., & Riyadi, A. (2023). Concepts and Principles of Da’wah in The Frame of Islamic Community Development. Prosperity: Journal of Society and Empowerment, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.21580/prosperity.2023.3.1.13716

Jelita, N. S. D., Purnamasari, I., & Basyar, Moh. A. K. (2021). Dampak Bullying terhadap Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11. (2) 232–240.

Khoiruddin, A. (2013). Peran Komunikasi dalam Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 23. (1) 118–131. https://doi.org/10.33367/tribakti.v23i1.17.

Kulsum, U. (2021). Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. Jurnal Mubtadiin, 7. (1) 100–121.

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2. (2) 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Novianti. (2015). Peranan Psikologi Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2.(2) 55–60.

Nurliani. (2016). Studi Psikologi Pendidikan. Jurnal As-Salam, 1. (2) 39–51.

Nuzula, F. (2015). Psikologi dan Komunikasi. El-Hikam, 8. (2) 403–420.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.(6) 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Purnomo, E., & Loka, N. (2023). Peran Psikologi Komunikasi dalam Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Jurnal TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 5. (1) 10–34. https://doi.org/10.53649/taujih.v5i1.271

Putra, R., Trifiriani, M., & Yani, Y. I. (2021). Urgensi Psikologi dalam Pendidikan. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 3. (1) 59–70. https://doi.org/10.18326/ijip.v3i1.59-70

Putri, N. W. E. (n.d.). Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1.(1) 52–672019. https://doi.org/10.37715/calathu.v1i1.776

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statisika Penelitia Pendidikan Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Kencana.

Romadhonah, I. S., & Ibrahim, M. (2023). Komunikasi Dakwah dalam Bingkai Teori-Teori Psikologi. Nusantara Hasana Journal, 3. (2) 77–88. https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.900

Sadiah, D. (2015). Metodologi Penelitian Dakwah. PT Remaja Rosdakarya.

Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan bagi Pembelajaran. BIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1. (1) 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22

Sari, R. N., & Sanusi, N. (2023). Penerapan Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental pada Generasi Milenial. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi, 4. (1) 34–43. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2022.4.1.2943

Srifariyati. (2020). Metode Pendidikan dalam Pandangan As-Sunnah. Jurnal Madaniyah, 10. (2) 205–224.

Suardi, H. (2023). Peran Psikologi Komunikasi dalam Pembelajaran. Media Kajian Komunikasi Islam, 6. (1) 113–128. http://dx.doi.org/10.22373/jp.v6i1.16061

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4.(1) 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sumaryanto, E., & Ibrahim, M. (2023). Komunikasi Antar Budaya Dalam Bingkai Teori-Teori Adaptasi. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.895

Syaf, M. L., & Ibrahim, M. (2023). Retorika Dakwah K.H Ahmad Bahauddin Nursalim Dalam Channel YouTube NU Online. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 14(1).

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2. (1) 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111.

Thabrani, A. M. (2019). Makna Spiritual Poligami (Studi Fenomenologis terhadap Kiai Pesantren di Madura).

Wahidin, U. (2013). Pendidikan Karakter bagi Remaja. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 2. (3) 256–269. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3. (2) 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039

Wulandari, D. R. (2022). Penanganan Bullying Melalui Penguatan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Paradigma, 13. (1) 82–94.


Article Metrics

Abstract has been read : 325 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v2i1.18535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118