PSYCHOLOGY IN THE PERSPECTIVE OF INTERPERSONAL COMMUNICATION: URGENCY AND THEORY

Malik Ibrahim, Agus Riyadi, Tafida Kayla Rahmani, Sirhan Alamsyah, Muhammad Syaifudin, Aprilia Tri Mawarni

Abstract


Abstrak

Urgensi psikologi di dalam ilmu komunikasi interpersonal menjadi salah satu instrumen yang membantu komunikator untuk mengetahui dan memahami karakteristik ataupun kepribadian komunikan. Komunikasi interpersonal tidak bisa berlangsung secara efektif untuk mencapai tujuan komunikator ketika dalam proses interaksi dengan komunikan tidak menggunakan ilmu psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi psikologi dalam perspektif komunikasi interpersonal dan teori-teori psikologi komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, sedangkan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi yakni mengambil data dari berbagai buku, jurnal dan laporan riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi psikologi dalam perspektif komunikasi interpersonal akan menjadi efektif dan berdampak secara signifikan ketika dikolaborasikan dengan psikologi, karena tanpa adanya psikologi proses komunikasi interpersonal akan terhampat bahkan sulit untuk mencapai tujuan yang dikehendaki oleh seorang komunikator. Teori psikologi komunikasi interpersonal terdiri dari teori interaksi simbolik, teori manajemen koordinasi makna, teori pelanggaran harapan, dan teori keterlibatan interaksi.

 

Abstract

The urgency of psychology in the science of interpersonal communication is one of the instruments that helps communicators to know and understand the characteristics or personality of communicants. Interpersonal communication cannot take place effectively to achieve the communicator's goals when in the process of interaction with communicants do not use psychology. This study aims to analyze the urgency of psychology in the perspective of interpersonal communication and psychological theories of interpersonal communication. This research uses qualitative research with a literature approach, while the type of data used is secondary data. The data collection technique uses documentation, namely taking data from various books, journals and research reports. The results showed that the urgency of psychology in the perspective of interpersonal communication will be effective and have a significant impact when collaborated with psychology, because without psychology the interpersonal communication process will be hampered and even difficult to achieve the desired goals of a communicator. The psychological theory of interpersonal communication consists of symbolic interaction theory, meaning coordination management theory, expectation violation theory, and interaction involvement theory.

 

Keywords


Urgensi Psikologi; Teori; Komunikasi Interpersonal; Urgency of Psychology; Theory; Interpersonal Communication

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611

Armando, N. M. (2014). Pengertian Psikologi dan Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bevan, J. L., Ang, P.-C., & Fearns, J. B. (2014). Being unfriended on Facebook: An application of Expectancy Violation Theory. Computers in Human Behavior, 3(3), 171–178.

Blumer, H. (1938). The Problem of Meaning in Social Interaction. Journal of Abnormal and Social Psychology, 44(6), 405–415.

Burgoon, J. K. (1978). a Communication Model of Personal Space Violations: Explication and an Initial Test. Human Communication Research, 4(2), 129–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.1978.tb00603.x

Burgoon, J. K., & Jones, S. B. (1976). Toward a Theory of Personal Space Expectations and Their Violations. Human Communication Research, 2(2), 131–146. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.1976.tb00706.x

Cangara, H. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

DeVito, J. A. (1989). The Interpersonal Communication Book. New York: College of the City University.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Dunbar, N. E., & Segrin, C. (2012). Clothing and Teacher Credibility: An Application of Expectancy Violations Theory. ISRN Education, 2012, 1–12. https://doi.org/10.5402/2012/140517

Effendy, O. U. (2011). Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Gustria, F. Y., & Irwansyah, I. (2022). Perkembangan aplikasi teori pelanggaran harapan dalam berbagai konteks komunikasi: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(1), 477–502. https://doi.org/https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4897

Haris, A., & Asrinda, A. (2018). Makna Dan Simbol Dalam Proses Interaksi Sosial (Sebuah Tinjauan Komunikasi). Jurnal Dakwah Risalah, 29(1), 16–19. https://doi.org/https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/risalah/article/view/5777/3372

Hidayat, A. (2019). Dakwah pada masyarakat Pedesaan dalam Bingkai Psikologi dan Strategi Dakwah. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(1).

Husna, N. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Komunikasi Interpersonal Pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Libria, 9(2), 183–196. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/2400

Ibrahim, M., & Riyadi, A. (2023). Concepts and Principles of Da’wah in The Frame of Islamic Community Development. Prosperity: Journal of Society and Empowerment, 3(1), 30–42. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/prosperity.2023.3.1.13716

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, I. (2020). Analisa Fungsi Ritual Suroan (Ruwatan Kampung) Dalam Adat Jawa Persepektif Psikologi Dakwah di Kabupaten Asahan. Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 158–174.

Nurdin, A. (2016). Komunikasi dalam Praktik: Kreatif & Bersahabat. Jakarta: Gagas Bisnis.

Nurliani. (2016). Studi Psikologi Pendidikan. Jurnal As-Salam, 1(2), 39–51.

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-EDU: Jurnal Information Technology & Education, 5(1), 317–329.

Putra, R., Trifiriani, M., & Yani, Y. I. (2021). Urgensi Psikologi dalam Pendidikan. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 3(1), 59–70. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/ijip.v3i1.59-70

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan Analisis Perhitungan Matematis Dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana.

Ramaraju, S. (2012). Psychological Persperctives on Interpersonal Communication. Journal of Arts, Science & Commerce, 3(4), 68–73.

Rasimin. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif. Yogjakarta: Trussmedia Grafika.

Ritonga, M. H. (2019). Psikologi Komunikasi. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Romadhonah, I. S., & Ibrahim, M. (2023). Komunikasi Dakwah dalam Bingkai Teori-Teori Psikologi. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 77–88. https://doi.org/https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.900

Sadiah, D. (2015). Metodologi Penelitian Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Jakarta: Kencana.

Sakdiah, H. (2017). Komunikasi Interpersonal Sebagai Strategi Dakwah Rasulullah (Perspektif Psikologi). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 15(30), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/alhadharah.v15i30.1219.

Sapril. (2011). Komunikasi Interpersonal Pustakawan. Jurnal Iqra’, 5(1), 6–11. https://doi.org/http://repository.uinsu.ac.id/634/

Setyaningsih, R. (2019). Psikologi Komunikasi: Suatu Pengantar dan Perspektif Islam. Ponorogo: UNIDA Gontor Press.

Siregar, L. Y. S. (2012). Psikologinya Dakwah. Alhikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 6(2), 16–28.

Solomon, D., & Theiss, J. (2013). Interpersonal Communication: putting theory intro practice. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Sumaryanto, E., & Ibrahim, M. (2023). Komunikasi Antar Budaya Dalam Bingkai Teori-Teori Adaptasi. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 42–51. https://doi.org/https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.895

Suranto, A. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syaf, M. L., & Ibrahim, M. (2023). Retorika Dakwah K.H Ahmad Bahauddin Nursalim Dalam Channel YouTube NU Online. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 14(1), 22–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/hikmah.v14i1.6133

Thabrani, A. M. (2019). Makna Spiritual Poligami (Studi Fenomenologis Terhadap Kiai Pesantren Di Madura). University of Muhammadiyah Malang.

Wahyuni, A. (2011). Mengasah Interpersonal Skills Mahasiswa Calon Pendidik. Jurnal PEDAGOGIA, 1(1).

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115–126.

Wulandari, R., & Amelia, R. (2018). Relasi Interpersonal dalam Psikologi Komunikasi. Islamic Communication Journal, 3(1), 56–73.


Article Metrics

Abstract has been read : 498 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v2i1.18534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118