ANALISIS PERENCANAAN STRATEGIS DI SDIT AT-TAQWA SURABAYA

Afina Syabila Rahma, Vadilatun Nisa, Murtadlo Murtadlo, Mufarrihul Hazin, Agustin Hanivia Cindy

Abstract


Abstrak

Ketidakberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikannya seringkali dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan sekolah dalam menyusun rencana strategis. Selain itu, masih banyak sekolah yang belum memiliki rencana strategis atau hanya sekedar disusun sebagai formalitas saja tanpa dijadikan sebagai pedoman pengembangan sekolah. Artikel ini menganalisis perencanaan strategis di SDIT At-Taqwa Surabaya, dengan tujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam perencanaan Strategis (Renstra) sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara langsung dengaan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Renstra SDIT At-Taqwa Surabaya disusun dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), dengan tahapan meliputi pembentukan tim, analisis internal dan eksternal dengan pendekatan SWOT, dan penyusunan strategi sekolah. Dalam penyusunannya pun sekolah melibatkan semua stakeholder baik akademik maupun no-akademik.

 

Abstract

The failure of schools to achieve their educational goals is often influenced by the school's lack of ability to develop strategic plans. In addition, many schools still do not have a strategic plan or are just prepared as a formality without being used as a guideline for school development. This article analyzes strategic planning at SDIT At-Taqwa Surabaya, to know the stages in preparing the school's Strategic Plan (Renstra). This study used qualitative methods by collecting data through observation and direct interviews with school principals. The results showed that the SDIT At-Taqwa Surabaya Strategic Plan was prepared in the Medium-Term Work Plan (RKJM), with stages including team building, internal and external analysis with a SWOT approach, and school strategy preparation. In its preparation, the school also involves all academic and non-academic stakeholders.

 

 

Keywords


Perencanaan Strategis; Mutu Pendidikan; Strategic Plan; Education Quality

Full Text:

PDF

References


Akrim. (2020). Application of Learning Model Strategies to improve Islamic Learning Outcomes. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1157–1166. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.956

Darwanti, Y. S. (2013). Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13), 1–18.

Destrianjasari, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Pengertian, Teori Dan Konsep, Ruang Lingkup Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1748–1757. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3304

George, A. S. (1997). The step by step Strategic Planning. Free Press Paperbacks.

Helmawati, H., Santosa, A. P., Ningrum, L., Epriansyah, B., & Wulansari, W. (2023). Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Kabupaten Bandung. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(2), 178–191. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.551..Strategic

Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26.

Nuraini, D., Suyadi, & Zulaikha, S. (2020). Perencanaan Strategis Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Tahun 2011-2014. Wahana, 72(2), 85–96. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn/article/view/2694/2354

Siagian, S. P. (2007). Manajemen Stratejik. PT Bumi Aksara.

Sucitra, H., & Akrim. (2023). Perencanaan Strategik Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan : Studi di Sekolah Dasar Guang Ming. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menegah Dan Tinggi (JMP-DMT), 4(1), 96–105.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional., (2003).


Article Metrics

Abstract has been read : 138 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v2i1.18466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118