LITERATURE REVIEW:IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER

Farid Bashirudin Yusuf, Setiawan Edi Wibowo

Abstract


Tujuan dilakukannya literature review ini untuk mengkaji pengaruh penerapan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai penguatan karakter pada peserta didik. Literature review ini penelitian memfokuskan pada analisis peran Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai penguatan karakter. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang dilakukan terhadap penelitian terdahulu untuk mendapatkan data, gambaran, dan informasi sejauh mana program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar yang dimiliki ole peserta didik. Berdasarkan penelitian relevan yang telah dilakukan terkait pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam menumbuhkan, mengembangkan dan menguatkan karakter yang dimiliki oleh peserta didik menunjukkan hasil bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang cukup signifikan. Sehingga Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini dinilai mampu untuk memberikan dampak dan pengaruh untuk membentuk masyarakat yang literat belajar sepanjang hayat.


Keywords


Literasi, GLS, Karakter

Full Text:

PDF

References


Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 54–60.

Fananta, M. R., Widjiasih, A. E., Setiawan, R., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., Akbari, Q. S., & Ayomi, J. M. (2017). Materi pendukung literasi sains. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hanin, N. H. (2019). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam pembentukan karakter siswa di SDN Madyopuro 2 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098.

Hartati, T. (2017). Multimedia dalam pengembangan literasi Di sekolah Dasar Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 47–54.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3).

Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) (GLS) Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 60–66.

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60–71.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.

Khotimah, K., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1488–1498.

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57.

Lestariolita, V. E. (2022). Literature Review: Peran Sosial Media terhadap Perkembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 412–416.

Maryani, I., & Maryam, S. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) (GLS) di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2.

Nadlir, N. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339–352.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113–118.

Rochmah, Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi Kebijakan mengenai Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 110–115.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.

Rosdiana, E. (2022). IMPLIKASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KARAKTER (AKHLAK) SISWA. TAFAHHAM, 1(3).

Setiyadi, R., & Syahrial, T. (2022). PENDAMPINGAN KEGIATAN BEBAS MELA (BELAJAR CERDAS MENDUKUNG LITERASI ANAK) KEPADA GURU-GURU SEKOLAH SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANDUNG. Abdimas Siliwangi, 5(1), 84–92.

Sumawardani, W., & Pasani, C. F. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Susianti, T. S., Salimi, M., Arsy, R. A., & Hidayah, R. (2021). Dampak Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Sikap Peserta Didik di SD N 1 Pandowan. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(1), 55–68.

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.

Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2018). Hakikat pendidikan karakter.


Article Metrics

Abstract has been read : 646 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i2.15043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118