PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI CEPOKO KECAMATAN PANEKAN KABUPATEN MAGETAN

Fidyah Fidiasri, Bambang Eko Hari Cahyono, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran model PBL (Problem Bassed Learning) pada siswa kelas VI SDN Cepoko Panekan Magetan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang berkaitan dengan permasalahan yang muncul pada penerapan pembelajaran model PBL : (1) Penggunaan model pembelajaran PBL, terdapat kendala yaitu: (a) Kemampuan guru dalam memahami dan menerapkan model tersebut dalam  pembelajaran; b) Ketidaksesuaian pemilihan model dengan karakteristik materi; (c) siswa kurang aktif dalam merespons diskusi, (d) siswa kekurangan ide, (e) siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. Di samping hal itu kendala model pembelajaran PBL yaitu: (1) Guru belum terbiasa mengelola kelas dengan menerapkan model pembelajaran PBL; (2) Siswa belum terbiasa belajar dengan berkelompok; (3) Siswa belum terbiasa terlibat aktif dalam pembelajaran; (2) Hasil test belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, siswa yang belum tuntas dalam belajarnya sebanyak 2 siswa atau 11,11% (perolehan nilai < KKM), sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 orang atau 88,89% (perolehan nilai > KKM).

 

 

Abstract

This study aims to explain and describe the implementation of the PBL (Problem Based Learning) learning model in class VI students at SDN Cepoko Panekan Magetan. The approach used is quantitative descriptive research. The results of research related to the problems that arise in the application of the PBL learning model: (1) The use of the PBL learning model, there are obstacles, namely: (a) The teacher's ability to understand and apply this model in learning; b) Incompatibility of model selection with material characteristics; (c) students are less active in responding to discussions, (d) students lack ideas, (e) students lack confidence in expressing opinions. In addition to this, the obstacles to the PBL learning model are: (1) Teachers are not used to managing classes by applying the PBL learning model; (2) Students are not used to learning in groups; (3) Students are not used to being actively involved in learning; (2) The results of student learning tests in the implementation of Indonesian language learning, students who have not completed their learning are 2 students or 11.11% (acquired scores <KKM), while students who complete learning are 16 people or 88.89% (acquired scores > KKM).

 

 

Keywords


Pembelajaran; Bahasa Indonesia; Problem Based Learning; Learning; Indonesian Language; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Harlina, Dkk (2020) Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Bindo Sastra 4 (1).

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soleh, Dwi Rohman. Herman J. Waluyo. Setya Yuwana Sudikan. Nugraheni Eko Wardani. (2017). Model Development of Drama Study Employing Local Art for Students Of LPTK. Prosiding Internasional FINALISET 1(3) pp. 19-28.

Soleh, Dwi Rohman. (2020). Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Pp. 160-166.

Wikanengsih, Dkk (2015) Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rpp) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 2, No. 1, Mei 2015.


Article Metrics

Abstract has been read : 883 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.14465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118