PENGARUH METODE PETA KONSEP DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD BAYEMTAMAN KECAMATAN KARTOHARJO KABUPATEN MAGETAN

Ardhita Gusanti, Lulus Irawati, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui ada tidaknya interaksi pengaruh  metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Bayemtaman Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian diskriftif kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi  yang  terkendali. Digunakan pendekatan ini karena penelitian ini akan mengkaji rangkaian penelitian dan akan menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang berkaitan  dengan: ada tidaknya interaksi pengaruh  metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Bayemtaman Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: Dalam uji F atau one way anaova ternayata ada pengaruh metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi, hal ini dikarenakan perolehan nilai Fhit diperoleh sebesar 4,086, dengan sig 0,014, sedangkan Ftab dengan taraf kepercayaan 95 % dengan Df = 3 dan 36 diperoleh nilai 2,87, hal ini berarti Fhit ≥ Ftab. (4,086 ≥ 2,87) atau sighit ≤ sigprob (0,014 ≤ 0,05). Oleh karena Fhit ≥  Ftab (4,086≥  2,87) atau sighit ≤ sigprob (0,014 ≤ 0,05). Interaksi pengaruh  metode peta konsep dan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi adalah sebagai berikut: Ada Perbedaan (1)  Kemampuan menulis teks deskripsi tanpa peta konsep dan tanpa audio visual siswa kelas IV SD Bayemtaman   Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, terdapat perbedaan yang signifikan; (2) Kemampuan menulis teks deskripsi tanpa peta konsep dan dengan media audio visual siswa kelas IV SD Bayemtaman   Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan, ada perbedaan yang signifikan.

 

Abstract

This study aims to determine whether or not there is an interaction effect of the concept map method and audio-visual media on the ability to write description texts for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency. The approach used is descriptive quantitative experimental research. Experimental research is a research method used to find the effect of certain treatments on others under controlled conditions. This approach is used because this study will examine a series of studies and will answer questions in the formulation of problems related to: whether or not there is an interaction effect of the concept map method and audio-visual media on the ability to write descriptive texts for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency. The results of the study can be stated as follows:In the F test or one way analysis, it turns out that there is an influence of the concept map method and audio visual media on the ability to write description texts, this is because the Fhit value obtained is 4.086, with a sig of 0.014, while Ftab with a 95% confidence level with Df = 3 and 36 obtained a value of 2.87, this means Fhit Ftab. (4.086  ≥ 2.87) or sighit ≤ sigprob (0.014 ≤ 0.05). Therefore Fhit Ftab (4.086 ≥ 2.87) or sighit sigprob (0.014≤ 0.05). The interaction of the influence of the concept map method and audio visual media on the ability to write descriptive text is as follows: There are differences (1) The ability to write description texts without concept maps and without audio visuals for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency, there is a significant difference; (2) The ability to write descriptive text without a concept map and with audio-visual media for fourth grade students of SD Bayemtaman, Kartoharjo District, Magetan Regency, there is a significant difference.


Keywords


Metode Peta Konsep dan Media Audio Visual; Menulis Teks Deskripsi; Concept Map Method and Audio Visual Media; Writing Descriptive Text

Full Text:

PDF

References


Aisya, Naafi, dkk (2017),Hubungan Antara Pretest Dengan Posttest Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Model Pembelajaran Rqa Dipadu Cps Di Kota Malang, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2017.

Dahar, Ratna Willis. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Effendy, Ilham (2016), Pengaruh Pemberian Pre-Test Dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Hdw.Dev.100.2.A Pada Siswa Smk Negeri 2 Lubuk Basung, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Vol 1 No 2,2016, hal 81-88.

Prabowo, Pandu (2017) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Media Peta Konsep Dan Media Audio Visual Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas Xi Sman 2 Medan,Jurnal penelitian Pemikiran dan Pengabdian, Vol 5 No 1 Tahun 2017.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Taniady, Vicky ,Dkk (2016) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi (Penelitian Eksperimen Kuasi Pada kelas X SMA labschool UPI bandung) Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 16, Nomor 2, Oktober 2016.


Article Metrics

Abstract has been read : 203 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.14464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118