ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG (STUDI PADA PAKUWON TRADE CENTER/PTC DI SURABAYA)

Tri Cicik Wijayanti

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di PTC (Pakuwon Trade Center) Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung Pakuwon Trade Center Surabaya. Sampel diambil secara accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda.  Hasil  analisis menunjukkan  bahwa harga, promosi dan distribusi, baik   secara  parsial   maupun   secara   simultan  berpengaruh signifikan  terhadap  keputusan pembelian smartphone Samsung di PTC (Pakuwon Trade Center) Surabaya.

 

                                                         Abstract

The purpose of this research  is to determine and to analysis the effect of price, promotion and distribution on purchase decision of smartphone Samsung in PTC (Pakuwon Trade Center ) Surabaya. The population of this research are all visiter in  Pakuwon Trade Center  Surabaya.The sample of this research used the accidental sampling. Analysis method of this research is multiple linear regression model, the results of analysis showed that price, promotion and distribution  influence significantly on  the  purchase  decision effect simultan and partial of smartphone Samsung in PTC (Pakuwon Trade Center ) Surabaya.

 


Keywords


Harga; Promosi; Distribusi dan Keputusan pembelian; Price; Promotion; Distribution and Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan. 2011. Manajemen Pemasaran. cetakan ke 11. penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Algrina Agnes Ulus, 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional, Menado, Jurnal EMBA, Vol.1, No. 4, Desember 2013, Hal. 1134-1144

Afif, Mochamad, 2002, Kepercayaan Merek, Kualitas Layanan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank CIMB Niaga di Surabaya, Jurnal of Business and Banking, Volume 2, No.1, Mei 2012, Page 21-32.

Aaker, D. A, 2000, Brands Leadership, The Free - Press, New York.

Abigail Anastasia Soewanto dan Fransisca Andreani (2019), Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Warung Gudeg Bu Yul Surabaya, AGORA, Volume 7 , No. 1, 2019.

Chandra, Gregorius, 2002, Strategi dan Program Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Dharmmesta dan Irawan (2001). Manajemen

Pemasaran, Analisa Perilaku

Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Friani Gloria Igir dkk, 2018, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up, Jurnal Administrasi Bisnis, Vo 6, No.2, Th. 2018

Ferdinand, A, 2013, Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hair J.F. Anderson, RE, Tatham, RL & Black, Wc, 1998, Multivariate Data Analysis, 5th Edition, Prentice Hall, Inc. Upper Saddle, River, New Jersey.

Kotler, P. 2000, Marketing Management, The Millenium Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

…………., 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke 8, Jilid 1, Terjemahan oleh Damos Sihombing, Erlangga, Jakarta.

…………., 2005, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

………….. dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 1, Erlangga, Jakarta

Malhotra, N.K, 2000, Marketing Risearch: An Applied Orientation 4th Edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Mowen, John C & Minor Michael, 2002, Perilaku Konsumen, Edisi Kelima, Jilid Pertama dan Kedua, Erlangga, Jakarta.

Rissa GPS, dkk 2018, Pengaruh Promosi Penjualan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor di PT. Tri Jaya Mulya Sukses, Jurnal EMBA, Vol. 6 , No. 1, Januari 2018, Halaman, 101-110

Swasta, 2010, Manajemen Pemasara: Analisis Perilaku Konsumen, Liberty, Jakarta

Setiadi, Nugroho, 2011, Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Kencana, Jakarta.

Sigit, Soehardi, 2002, Pemasaran Praktis, edisi ketiga, BPFE, Yogyakarta.

Silayoi dan Speece, 2004, Packaging and Decision and Exnaplanatory Study on The Import of Involvement Level and Time Pressure, Britis Food Journal, (online), vol. 106. No. 8.

Sutoyo, 2001,Harga Berperan Penting dalam Pemasaran Produk, Menyusun Strategi Harga, Seri Manajemen, No.4, Penerbit Danar Mulia, Jakarta.

Tjiptono, Fandi, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi ke 3, Penerbit Andi Yogyakarta

………………, 2002,Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Malang.

Schiffman LG, dan Kanuk L.L. 2000, Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Simamora, Henry, 2002, Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Wahid Sulaiman, Wahid, 2004, Jalan Pintas Menguasai SPSS 10, edisi pertama, Andi, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 276 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.14463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pengelola Terbitan:

LPPM Universitas PGRI Madiun

Gedung Lab. Terpadu UNIPMA, Lantai Dasar

Jl. Letkol Suwarno, Kanigoro, Madiun 63118