Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar

Anggit Grahito Wicaksono, Jumanto Jumanto, Oka Irmade

Abstract


Hasil survei TIMSS memberikan gambaran tentang rendahnya prestasi IPA siswa yang ada di Indonesia sehingga perlu dilakukan peningkatan kualitas pembelajaran khususnya IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam penggunaan media pembelajaran sains di SD Negeri Pajang 1 Surakarta, (2) merumuskan desain media pembelajaran yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Pajang 1 Surakarta, dan mengembangkan media pembelajaran komik yang disebut "KOMSA" dalam materi rangka untuk pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan melalui model Plomp yang dimodifikasi dengan menghilangkan fase implementasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) penggunaan media pembelajaran yang belum optimal, (2) desain pembelajaran media adalah media komik berbasis kontekstual, dan hasilnya adalah produk prototype media pembelajaran komik yang disebut "KOMSA" pada materi rangka. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media komik “KOMSA” untuk materi pelajaran lain yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan media komik dalam berbagai kerangka pembelajaran


Keywords


Media Pembelajaran; Komik; Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88.

Ariwibowo, S. (2019). Perancangan Informasi Perkembangan Komik Daring Dengan Genre Drama Di Indonesia Di Tahun 2017-2018 Melalui Media Buku Komik. Universitas Komputer Indonesia.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Avrilliyanti, H., Budiawanti, S., & Jam, J. (2013). Penerapan Media Komik Untuk Pembelajaran Fisika Model kooperatif Dengan Metode Diskusi Pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 156–163.

Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231–246. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610

Belwal, R., & Belwal, S. (2018). Using the graphic tablet projection technology: improving students’ learning through action research. International Journal of Technology Enhanced Learning, 10(4), 345–360. https://doi.org/10.1504/IJTEL.2018.095147

Chiappetta, E. L., & Koballa, T. R. (2010). Science Instructional in The Middle and Secondary School 7th edition. Pearson/Allyn and Bacon.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Hanif, W. (2011). Komik Dewi Sartika Sebagai Media Pendidikan Sejarah Untuk Anak Smp Di Jawa Barat. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 4(3), 253–261.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37(1), 11–26.

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).

Indra daulay, M., Ananda, A., Anwar, S., & Fatimah, S. (2019). Developing Comics-Based Social Sciences-History Teaching Materials. Proceedings of the 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018), 178(ICoIE 2018), 77–83. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.19

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Kemdikbud, P. (2016). Hasil TIMSS 2015. Puspendik Kemdikbud.

Maflani, P. N. I. (2020). Maskulinitas Dan Feminitas Dalam Komik Digital Line Webtoon Indonesia Bergenre Fantasi. Universitas Airlangga.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 250–259.

Novianti, D. R., & Syaichudin, M. (2015). Pengembangan Media Komik Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 78–90.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Pinwanna, M. (2015). Using the Contextual Teaching and Learning Method in Mathematics to Enhance Learning Efficiency on Basic Statistics for High School Students. The International Conference on Language, Education, Humanities & Innovation, 2010, 58–63.

Plomp, T., Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., & Nieveen, N. (2013). Educational design research. In Handbook of Research on Educational Communications and Technology (Fourth Edi, pp. 1–207). Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_11

Pratiwi, W., & Kurniawan, R. (2013). Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–16.

Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 317–327.

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Maju, 5(1), 79–90.

Purwanto, D., & Yuliani. (2013). Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains, 1(01), 71–76.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Sadiman, A. S. (2014). Educational media, understanding, development and utilization. Rajawali Press.

Satria, E., & Sar, S. G. (2018). Penggunaan Alat Peraga Dan Kit Ipa Oleh Guru Dalam Pembelajaran Di Beberapa Sekolah Dasar Di Kecamatan Padang Utara Dan Nanggalo Kota Padang. Ikraith-Humaniora, 2(2), 1–8.

Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual IPA Melalui Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 30. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.97

Smith, B. P. (2010). Instructional Strategies in Family and Consumer Sciences: Implementing the Contextual Teaching and Learning Pedagogical Model. Journal of Family & Consumer Sciences Education, 28(1), 23–38.

Trisiana, A., Sutikno, A., & Wicaksono, A. G. (2020). Media Digital Kartun Nilai Keslametriyadian (H. Wijayati (ed.)). UNISRI Press.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 19–27.

Wicaksono, A. G. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan STEM dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98

Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto. (2017a). Pengembangan Media Komik “KOMSA” Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran Sains di SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX 2017 : TPACK Optimalisasi Pemanfaatan ICT Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran IPA Di Era Digital, 23–30.

Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto, J. (2017b). Efektifitas Penggunaan Media Komik KOMSA Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Sains di SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2, 609–614.

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529


Article Metrics

Abstract has been read : 441 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats