Peningkatan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar melalui model pembelajaran kolaboratif tipe cycle 7E

Fitria Febriani, Muhammad Iqbal Al Ghozali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar IPA melalui model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Cycle 7e. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan sikap tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dari nilai rata-rata 3.14 (tanggung jawab baik) pada siklus I, sedangkan pada siklus II sebesar nilai rata-rata 3.33 (tanggung jawab sangat baik). Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe Cycle 7E dapat meningkatakan prestasi belajar dengan hasil pada Siklus I prestasi belajar siswa memeperoleh rata-rata 66.96 dan persentase ketuntasan belajar 64.28% (Baik), pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 71.42, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 85.71% (sangat baik). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kolaboratif tipe Cycle 7E dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa.


Keywords


Learning Achievements; Responsibilities; Cycle 7e

Full Text:

PDF

References


Aly, A dan Rahma, E. (2010). MKDU ilmu alamiah dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anni, C. T. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa model learning cycle 7e untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. (2015). Journal of Primary Education. https://doi.org/10.15294/jpe.v4i1.6917

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi sikap implikasi sosial dari IPA, ketertarikan menambah waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir dibidang IPA siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2142

Aziz, Z. (2013). Penggunaan model pembelajaran learning cycle 7e untuk meningkatkan hasil belajar siswa smp pada pokok bahasan usaha dan energi. UPEJ (Unnes Physics Education Journal). https://doi.org/10.15294/upej.v2i3.2931

Elviana, P. S. O., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran PKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14560

Imaniyah, I., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.21009/1.01103

Indrawati, W., Suyatno, S., & Yuanita, Y. S. (2017). Implementasi model learning cycle 7e pada pembelajaran kimia dengan materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p788-794

Insani, M. D. (2016). Studi pendahuluan identifikasi kesulitan dalam pembelajaran pada guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Kulsum, U., & Hindarto, N. (2011). Penerapan model learning cycle pada sub pokok bahasan kalor untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i2.1085

Lestari, P. A. (2018). Korelasi antara motivasi belajar dan sikap tanggung jawab dengan hasil belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400

Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh penerapan model learning cycle 7e terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau berdasarkan kemandirian belajar siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730

Retnowati, E., & Kristin, F. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan karakter disiplin tanggung jawab serta hasil belajar IPA. E-Jurnal Mitra Pendidikan.

Sumiyati, Y., Sujana, A., & Djuanda, D. (2016). Penerapan model learning cycle 7e untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses daur air. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2930

Tayraukham, S., & Siribunnam, R. (2009). Effects of 7-e, kwl and conventional instruction on analytical thinking, learning achievement and attitudes toward chemistry learning. Journal of Social Sciences.

Wanabuliandari, S. & Rahardjo, S. (2017). Peningkatan perilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab siswa melalui model ejas dengan pendekatan science edutainment. Jurnal Pendas.

Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Wuryastuti, S. (2008). Inovasi pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Zuhra, F., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Model pembelajaran learning cycle 7e berbantuan buku saku terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education).


Article Metrics

Abstract has been read : 242 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats