Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar

Sri Wulan Anggraeni, Yayan Alpian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Teams Games Tornament (TGT) dapat meniningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Muktiwari 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Terbukti dengan aktivitas dan hasil belajar membaca permulaan siswa pada kondisi pra siklus dengan nilai rata-rata 56,61. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 64,29, siklus II dengan nilai rata-rata 70,36, dan pada siklus III nilai rata-rata 75. Dengan demikian, penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada setiap siklusnya. Implikasi penelitian ini ditunjukan kepada pendidik, peneliti, dan lembaga atau intansi yang terkait khususnya pihak sekolah agar dapat lebih peka terhadap kondisi dan perkembangan siswa khususnya kelas I SD, dan seyogyanya guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat siswa aktif khusunya pembelajaran membaca pada siswa.


Keywords


Teams Games Tournament (TGT); Kemampuan Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

References


Andayani. (2015). Problema dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia (1st ed.). Jogyakarta: Deepublish.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (1), 12–17. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Mulyati, Y. (2011). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Bandung: UPI Press.

Mulyono, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 47–57.

Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata ( Syllabic Methode) pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2 (1), 41–56. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/457/436

Sari, Erma, A. (2011). Penerapan Model TGT (Teams-Games-Tournaments) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Jurnal Artikulasi, 12(2), 817–827.

Sarkiyah. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu di Kelas 1 Madrasa Ibtidaiyah Alkhairaat Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (4), 137–151. Retrieved from http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=277165

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ulfa, Yuandra, P. D. (2017). Penerapan Metode Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Menemukan Informasi Secara Cepat dari Berbagai Teks Khusus Melalui Membaca Memindai. Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1), 1531–1540.

Wiriaatmadja. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract has been read : 2239 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats