Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah

Ridho Agung Juwantara

Abstract


Mengkaji fenomena di lingkungan madrasah pada dewasa ini, banyak muncul tindakan amoral yang diakibatkan oleh kurangnya pembinaan karakter siswa. Kepramukaan merupakan sebuah ekstrakurikuler yang bisa digunakan untuk menanamkan karakter baik pada siswa, khususnya dalam sikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai kepramukaan yang berbentuk nilai-nilai positif yang diajarkan dan ditanamkan dalam pribadi setiap para siswa dapat menghiasi sikap serta perilaku setiap siswa yang mengikutinya.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam  menanamkan  nilai karakter serta mengamati karakter siswa dalam  mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang mencakup tiga ukuran efektivitas yakni ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya meliputi Kepala Madrasah, Pembina Pramuka, Dewan Ambalan, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.  Alat pengumpul data yang digunakan yaitu rekaman audio video, catatan lapangan, dan foto. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Hal ini dapat dilihat dari ketepatan sasaran program yang sudah menerapkan nilai-nilai karakter, kegiatan pemantauan secara rutin dilakukan oleh Kepala Madrasah, pembina pramuka, serta dewan ambalan. Selain itu, pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan pengamatan sikap siswa kearah yang lebih positif.


Keywords


efektivitas; ekstrakurikuler pramuka; karakter siswa

Full Text:

PDF

References


A. Kamaruddin, S. (2012). Character Education and Students Social Behavior. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(4), 223–230. https://doi.org/10.11591/edulearn.v6i4.166

Bangun, B. (2015). metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Erliani, S. (2016). Peran Gerakan Pramuka untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Mualimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 36–46.

Joko Sudrajad. (2010). Hubungan Nilai-nilai Kepramukaan, karakter disiplin dan kerja keras terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif di SMK PGRI 1 Ngawi. 1. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/10059/1/jurnal penelitian.pdf

Lickona, T. (2013). Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. (2015). Character Matters: Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas Dan Kebijakan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Marzuki, & Lysa Hapsari. (2015). Pembentukan Karakter Siswa Kegiatan Kperamukaan Di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendiddikan Karakter, V(2), 142–155.

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novianti, N. (2017). Teaching character education to college students using bildungsromans. International Journal of Instruction, 10(4), 255–272. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10415a

Puskur Balitbang. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprayogo, I. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang: UIN Maliki Press.

Tsai, K. C. (2012). Bring character education into classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163–170. https://doi.org/10.12973/eu-jer.1.2.163

Wahyudin, D. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar, & Implementasi. Jakarta: Kencana.

Yusup, J. (2014). Panduan Wajib Pramuka. Jakarta: Cmedia.


Article Metrics

Abstract has been read : 132 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats