Pengembangan perangkat pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika topik pengolahan data siswa kelas V SD

I Made Yudi Ambara, I Gede Margunayasa, Ni Nyoman Kusmariyatni

Abstract


Pembelajaran di era revolusi industri 4.0 mengharapkan siswa untuk mampu berkomunikasi, berpikir kritis, kreatif, serta berkolaborasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika topik pengolahan data kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Akan tetapi, pelaksanaan penelitian hanya fokus sampai pada tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas perangkat pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa 1 silabus, 5 rencana pelaksanaan pembelajaran, dan 5 lembar kerja peserta didik. Perangkat pembelajaran ini sudah divalidasi oleh ahli, dengan skor sebagai berikut: (a) silabus mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,71, (b) rencana pelaksanaan pembelajaran mendapat skor rata-rata sebesar 4,69, dan (c) lembar kerja peserta didik mendapat skor rata-rata sebesar 4,79. Seluruh penilaian perangkat pembelajaran dikonversikan dengan penilaian acuan patokan skala lima, didapatkan semua berada pada kualifikasi sangat baik.

Keywords


perangkat pembelajaran; kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, VI(1), 72–89.

Chodijah, S., & Fauzi, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–19.

Ertmer, P., & Simons, K. (2006). Jumping the PBL Implementation Hurdle: Supporting the Efforts of K–12 Teachers. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 40–54.

Fatimah, I., Hendayana, S., & Supriatna, A. (2018). Didactical design based on sharing and jumping tasks for senior high school chemistry learning. Journal of Physics, Conf. Seri.

Gustina, E., Hendayana, S., & Supriatna, A. (2018). Sharing and Jumping Based Didactical Design In Collaborative Learning on the topic of Covalent Bonding. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2).

Lee, J., Lim, C., & Kim, H. (2017). Development of an instructional design model for flipped learning in higher education. Educational Technology Research and Development, 65(2), 427–453.

Marasiwi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(1), 19–27.

Marhamah, M., Mustafa, M., & Melvina, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC). Jurnal Ilmiah Mahapeserta Didik Pendidikan Fisika, 2(3), 277–282.

Megayana, I. W., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (Resik) Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 1(1), 89–91.

Qadar, R. (2015). Mengakses Aspek Afektif dan Kognitif Pada Pembelajaran Optika dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 1–11.

Santoso, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Purwantoro Wonogiri, Jawa Tengah. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 5(1), 1–5.

Sato, M. (2014). Mereformasi Sekolah Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Tokyo: Iwanami Shoten Publishers.

Siagian. (2009). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika, 2(2), 122–131.

Sulistyawati, N., & Zuchdi, D. (2016). Implementasi Teknik Pembelajaran Kolaboratif Dengan Variasi Media Untuk Peningkatan Hasil Belajar di SMPN 2 Kalijambe. Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 50–61.

Suwarniti, P., Tegeh, I. M., & Suarni, N. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Kelas V SD di Gugus III. Jurnal Mimbar PGSD, 1(1), 19–30.

Syahrir. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(1), 436–441.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Undiksha press.

Vahlia, I. (2015). Perbandingan Penggunaan Metode Collaborative Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas Vii Smp Darul Arafah. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP, 4(2), 53–60.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, Tanggal 10 Desember 2016 Di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat.


Article Metrics

Abstract has been read : 544 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats