PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD PURWANTORO 1 KOTA MALANG DAN MI NURUL ISLAM TAJINAN KABUPATEN MALANG

Dyah Worowirastri Ekowati

Abstract


Educational assessment standards were prepared in order to complete the assessment standards. This study aims to describe the ability of teachers in assessment of thematic learning. Based on the results of the research, which shows the performance evaluation based on the curriculum 2013, has not been fully implemented by Shanta 1 SD Negeri Malang and MI Nurul Islam sub district of Tajinan. The obtained data will be very useful for determining measures or policies relating to the assessment standards, which in turn is expected to improve the quality of the school.

 

Keywords: Assessment, Thematic Learning


Full Text:

PDF

References


Husamah dan Yanuar Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran berbasis pencapaian kompetensi panduan merancang pembelajaran untuk mendukung implementasi kurikulum 2013. Malang: Prestasi Pustakaraya.

Kemendikbud.2012. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. 2012a. Kurikulum 2013. Bahan uji publik. Jakarta: Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Kemendikbud. 2013.Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah

(MI). Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. 2013.Konsep Penilaian Autentik Pada Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian pendidikan dan kebudayaan Direktorat jenderal pendididkan dasar Direktorat pembinaan sekolah dasar.

Kemendikbud. 2013a.Pengembangan Kurikulum 2013. Bahan sosialisasi kurikulum 2013 di Gresik Tanggal 19 Januari 2013.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas 1. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kilpatrick, W. 1992. Moral Illiteracy. Chapter 6 in Why Johnny Can't Tell Right from Wrong and What We Can Do About It_. Edited by J.H. Clarke. New York: A Touchstone Book.

Kurikulum. 2013. Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 th 2013 ttg Kurikulum SD. Jakarta: Depdiknas.

Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 69 tahun 2013 tentangKerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.Jakarta: Depdiknas.

Dyah Worowirastri Ekowati: Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran ... | 204

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.Jakarta: Depdiknas.

Pusat Kurikulum. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SD. Jakarta: Depdiknas.

Sadri, Ni Wayan. 2012. Studi Evaluasi Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Sekolah Dasar Gugus I.Vol 1, No 2 (2011).

Sholihah, Helmiyatus.2013. Efektivitas Implementasi pembelajaran tematik oleh guru kelas II dan III SDN Tunggul Wulung 2 Malang.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sukayati. 2004. Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Terapan dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: PPPG Matematika-Depdiknas.

Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 405 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v4i02.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Primiere Educandum




Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats