Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar

Apri Damai Sagita Krissandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tematik kelas V SD kurikulum 2013 yang digunakan untuk pengantar pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D). Penelitian ini menggunakan lima tahap. (1) analisis kebutuhan, (2) kajian standar kompetensi dan materi pembelajaran, (3) pengembangan program pembelajaran, (4) memproduksi media video tematik, (5) uji coba dan revisi produk. Validasi dilakukan dengan triangulasi data. Uji coba terdiri dari dua tahap: uji coba perorangan oleh 3 siswa dan uji coba kelompok kecil oleh 10 siswa. Data yang dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk video tematik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran tema 2 subtema 2 pembelajaran 3 kelas V SD. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Penilaian dari ahli media termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan rata-rata skor sebesar 3,33. (2) Penilaian dari guru kelas termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan rata-rata skor 3,1. (3) Uji coba perorangan dengan kriteria tinggi, rata-rata skor 2,68. (4) Hasil uji coba kelompok kecil menujukkan bahwa produk pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan rata-rata skor sebesar 3,1.


Keywords


development; thematic video; 2013th curriculum

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. (2010). Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.

Anggrasari, L. A. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata kuliah komputer dan media pembelajaran Prodi PGSD IKIP Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 6. 1, 72-83. Retrieved from http://doi.org/10.25273/pe.v6i01.302

Chrisnawati, H. E. , Budi U., Getut P., & Sutopo. (2016) Pengembangan media pembelajaran desain tematik: upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan pengelolaan kelas bagi guru SD dalam implementasi kurikulum 2013. JMEE. 7, 91-105.Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/71490-ID-pengembangan-media-pembelajaran-desain-t.pdf

Fadhli, M. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 3, 23-29. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/157/144

Fadlillah. (2013). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman. (2007). Strategi belajar mengajar. Bandung: PT Refika.

Kustandi, C. & Bambang S. (2011). Media pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusumawati, N. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPA dengan animasi macromedia flash berbasis model pengajaran langsung (direct instruction) di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 5. 2, 263-271. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/289/261

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora: Junal Pendidikan Dasar. 9, 93-98. Retrieved from ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/7039/4895

Retnaningrum, I. B., (2016). Pengembangan media video pembelajaran materi pokok instalasi sistem operasi open source untuk siswa kelas x tkj di smkn 2 lamongan. Jurnal IT-EduVolume. 1, 111-117. Retrieved from jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/20839/118/article.pdf

Salamah, E.R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 7. 1, 9-18. Retrieved from http://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1251

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian penddidikan. Bandung: Alfabeta

Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Widyaningrum. H. K. (2015). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 5. 2, 200-209. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/284/256

Wiraulia, A. M. (2016). Penerapan metode problem based learning dan media gambar dalam pembelajaran membaca cerita. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol 6. 1, 122-134. Retrieved from http://doi.org/10.25273/pe.v6i01.301

Yumarlin, M. Z. (2012). Pengembangan multimedia pembelajaran ips untuk siswa sekolah dasar. JURNAL TEKNIK. 2, 61-68. Retrieved from http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/9.-Yumarlin.pdf


Article Metrics

Abstract has been read : 2836 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats